nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini agar Ginjal Tetap Sehat

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 10:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 10 481 1870658 hindari-7-kebiasaan-buruk-ini-agar-ginjal-tetap-sehat-gcDNUOKVsD.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

DI DALAM tubuh banyak sekali organ penting yang harus dijaga kesehatannya agar dapat bekerja sesuai fungsinya. Salah satu organ yang vital adalah ginjal. Organ ini memiliki peran sebagai penyaring racun dan kotoran dalam tubuh, mengatur tingkat kalsium, fosfat dan sebagainya.

Tetapi fungsi tersebut tidak akan bekerja dengan baik jika ginjal rusak atau tidak sehat. Maka dari itu untuk menghindarkan terjadinya kerusakan ginjal, lebih baik menghindari kebiasaan buruk seperti konsumsi obat-obatan dalam jumlah banyak, makanan olahan secara berlebihan, dan merokok.

Sebagaimana melansir dari Boldsky Sabtu (10/3/2018) berikut ulasannya:

1. Konsumsi obat-obatan berlebihan

Obat seperti nyeri otot memang mengurangi rasa sakit dan nyeri tetapi dapat merusak ginjal. Ini akan bertambah parah jika Anda menderita penyakit ginjal. Jadi kurangi konsumsi obat-obatan tersebut.

2. Makanan cepat saji

Olahan makanan cepat saji mengandung fosfor dan sodium. Bagi penderita penyakit ginjal harus membatasi makanan yang mengandung fosfor. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian bahwa banyak mengkonsumsi makanan olahan yang tinggi fosfor akan menyebabkan kerusakan ginjal.

(Baca Juga: 6 Jenis Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Ginjal)