nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lawan Masalah Kulit Kusam dan Berjerawat dengan Masker Yoghurt

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 11:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 12 194 1871310 lawan-masalah-kulit-kusam-dan-berjerawat-dengan-masker-yoghurt-U2bOEcChyX.jpg (Foto: Foxnews)

MASALAH kulit yang menjadi musuh wanita yakni wajah tampak kusam, kulit kering atau juga berjerawat. Tapi Anda bisa melawannya dengan masker yoghurt alami yang sangat bermanfaat.

Yoghurt selama ini hanya dikenal untuk menjaga kesehatan usus agar bebas dari masalah pencernaan. Tapi, nampaknya bahan yang mengandung probiotik baik itu bisa membuat kulit sehat dan tetap mulus.

Di samping Anda menggunakan produk masker alami yang bisa menjaga kesehatan kulit juga, seperti kefir, miso, sauerkraut dan kombucha. Anda juga bisa menggunakan masker karena mengandung mikroorganisme yang bermanfaat untuk kulit.

Dermatolog Dr Whitney Bowe dari New York City mengatakan, penelitian menyebutkan bahwa yoghurt manfaatnya besar untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, bahan ini belum populer, karena orang hanya menganggap untuk kesehatan usus saja.

"Masalah kulit yang berasal dari peradangan kronis, seperti jerawat, eksim, hingga penuaan dini dapat ditangani dengan menggunakan masker yoghurt yang mengandung probiotik topikal," ujarnya dilansir Foxnews, Senin (12/3/2018).

Karena kandungan probiotik dalam masker tersebut dapat menghancurkan virus, jamur dan bakteri berbahaya. Meski terdengar aneh tapi fungsinya lebih baik. Sebab, bakteri jahat dapat menjadi penghalang yang dapat merugikan kesehatan kulit. Karenanya, Anda harus mengimbangi dengan probiotik yang merupakan bakteri baik.

Para ilmuwan juga telah menemukan fungsi sel sehat dari yoghurt. Menurut Bowe, mikrobiologi baik yang didapatkan tubuh akan berfungsi dengan baik, termasuk untuk melawan racun. Daripada Anda menggunakan sabun untuk kulit dan wajah yang justru mengandung bahan kimia berlebihan. Untuk kulit sensitif, dampaknya bisa bikin jadi kering, kusam, bersisik, dan efek buruk lainnya.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa probiotik juga dapat membantu memperkuat penghalang kelembaban kulit. Kulit juga bisa terhidrasi dengan baik agar lebih cerah dan bercahaya. Penggunaan masker yoghurt juga melindungi Anda dari penuaan dini dan tidak cepat keriput.

"Bukti awal menunjukkan bahwa kulit yang menua dikaitkan dengan kolonisasi mikroorganisme yang tidak sehat di kulitnya," ujar Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai Dr Joshua Zeichner. 

(Baca Juga: Ini Dia Penyebab Utama Kulit Kusam)

Seiring bertambah usia, seseorang akan mengalami masalah pada kulitnya. Apalagi wanita juga dipengaruhi karena hormon estrogen. Maka itu, sejak remaja Anda bisa menggunakan yoghurt sebagai pengganti kosmetik untuk merawat wajah dan kulit tubuh secara menyeluruh.

Bahan alami ini juga bisa dikonsumsi setiap hari, untuk mendapatkan manfaat lainnya yang tidak kalah menguntungkan. Seperti Anda jadi jarang sakit, terhindar dari gangguan pencernaan, lawan flu, dan sebagainya.

(Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Wajah yang Terlihat Kusam dan Lelah dengan Cepat)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini