Presiden Jokowi Hobi Pelihara Burung, Ini Manfaat Mendengar Kicauan Burung

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 12 196 1871540 presiden-jokowi-hobi-pelihara-burung-ini-manfaat-mendengar-kiacauan-burung-bPSRptRGJK.jpg Ilustrasi (Foto: Alamy)

MEMELIHARA burung menjadi sebuah hobi yang digemari sebagian kalangan pria. Warna, jenis, dan bunyinya menjadi daya tarik tersendiri dari hobi ini.

Hobi memelihara burung juga ternyata menjadi hobi orang nomor satu di negeri ini. Siapa lagi kalau bukan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Di tempat tinggalnya, di Istana Bogor, ada banyak hewan peliharaan Jokowi, burung salah satunya. Dalam menekuni hobi ini, Jokowi tidak main-main, ia mengikutsertakan burung peliharaannya di sebuah ajang perlombaan burung.

Acara yang digelar bertajuk Festival dan Pameran Burung Berkicau Piala Presiden Jokowi 2018 yang berlangsung di Kebun Raya Bogor. Presiden mengikutsertakan burung jenis murai batu miliknya untuk dilombakan. Namun sayang, burung peliharaan presiden kalah dalam acara yang berlangsung akhir pekan kemarin.

 (Baca Juga: Presiden Jokowi Ditolak Beli Burung, Lihat Meme-Meme Kocak Tentang Hewan Bersayap Itu)

Membahas soal hobi memelihara burung, rupanya hobi ini bukan sekadar ajang pamer atau adu gengsi semata. Hobi memelihara burung memiliki efek yang sangat positif, apalagi jika mendengar kicauannya yang sangat merdu.

Psikolog Klinis, Aurora Lumbantoruan mengatakan, mendengarkan suara alam memberi efek menenangkan. Situasi yang dihadirkan dapat memberi dampak positif ke dalam pikiran.

"Suara kicauan burung, air mengalir, angin, atau apa pun yang berhubungan dengan alam memberi efek menenangkan jiwa. Makanya banyak orang mencari alam bebas atau berwisata alam ketika sudah penat dengan rutinitas dan situasi bising di perkotaan," ungkap Aurora saat ditemui Okezone di kawasan Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018).

Terkhusus dengan suara burung, kepada beberapa orang dapat mengatasi rasa kantuk. Apalagi jika suara burung yang dihadirkan sangat bervariasi.

"Tetapi ini tergantung juga pada situasi dan subjeknya, tidak semua orang merasakan dampak yang sama jika mendengar suara burung. Seperti halnya hipnotis, tidak semua orang bisa dihipnotis," jelasnya.

"Dalam situasi lain, suara kicauan burung yang memberi relaksasi juga membantu agar cepat tidur. Suara-suara syahdu, seperti detak jantung ibu," tambah Aurora.

Ia menambahkan, efek kicauan suara burung dapat membantu tingkat konsentrasi lebih tinggi.

  (Baca Juga: Ramai soal Burung Murai Batu, Apa Kelebihan Burung yang Ingin Dibeli Presiden Jokowi?)

"Seperti saat di rumah sedang mengerjakan pekerjaan rumah atau pekerjaan kantor atau sekolah. Jika suara televisi sangat mengganggu, maka kicauan burung membuat konsentrasi lebih tinggi, seseorang menjadi lebih fokus, dan pekerjaan pun jadi cepat terselesaikan," jelasnya.

Suara kicauan burung dapat menciptakan kondisi tubuh rileks, merangsang daya ingat, dan pikiran waspada. ahli psikologi lingkungan di University of Surrey, Eleanor Ratcliffe menemukan, suara alam bisa meningkatkan mood dan konsentrasi seseorang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini