nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengembalikan Kejayaan Kopi Arabika Mandailing Lewat Pameran HUT Madina ke-19

Liansah Rangkuti, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 18:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 12 298 1871625 mengembalikan-kejayaan-kopi-arabika-mandailing-lewat-pameran-hut-madina-ke-19-wi0gbu8n9c.jpg Kopi Arabika Mandailing di Pameran HUT Madina ke-19 (Foto: Liansah Rangkuti/Okezone)

KOPI Arabika Mandailing Sumatra dari kecamatan Ulupungkut ikut meramaikan pameran pembangunan merayakan HUT Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ke-19 di Pertapakan RSU Panyabungan di komplek perkantoran Pemkab Madina.

Adapun varian kopi yang dipamerkan pada stand tersebut adalah kopi varian Arabika Mandailing jenis Medium Peaberry mulai dari batang kopi, biji cery, gabah greanbean, roasbean, fowder special yang siap seduh. Ketua dewan pengawas KSU Koperasi Mandailing Jaya (Komanja), Syafruddin Lubis kepada Okezone, mengatakan bahwa mempromosikan kopi ini dilakukan sebagai upaya menjemput kejayaan kopi Arabika Mandailing pada zaman dulu yang saat ini mulai hilang.

"Untuk mengembalikan kejayaan kopi Mandailing ditanah kelahirannya KSU Mandailing Jaya terus melakukan peningkatan perekonomian para petani dengan menggalakkan cocok tanam kopi,"katanya, Senin (12/3/2018).

Dan Hingga saat ini petani yang bercocok tanam kopi pada kecamatan itu sudah mencapai 80%. "Hampir 80 persen penduduk sudah bercocok tanam kopi meskipun dalam luasan yang berbeda, " sebutnya.

Disebutkannya, kegiatan-kegiatan promosi kopi ini terus dilakukan pihaknya mulai dari tingkat daerah, nasional bahkan tingkat internasional.

"Melaui promosi ini kita menunjukkan kepada dunia internasional bahwa kopi Arabika Mandailing itu hingga saat ini masih ada, "katannya.

Produk unggulan pertanian

Dari pantauan Okezone, selain kopi pada stand juga dipamerkan produk-produk pertanian unggulan dari kecamatan tersebut. Syafaruddin mengatakan, untuk produk unggulan pertanian seperti kentang Hutanagodang juga ikut dipamerkan pada HUT kabupaten Mandailing Natal yang ke-19 tahun.

"Selain kopi produk-produk unggulan pertanian seperti kentang juga ikut kita pamerkan," sambungnya," tuturnya.

Kentang Hutanagodang sendiri sangat berbeda dengan kentang-kentang yang ada di daerah lain meskipun memiliki varietas yang sama. "Cita rasa dan ukurannya relatif lebih besar dan mempunyai cita rasa khas hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan perkebunan yang masih asri," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini