nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Keliru, Ini 5 Langkah Tepat Minum Red Wine

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 03:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 12 298 1871679 jangan-keliru-ini-5-langkah-tepat-minum-red-wine-SjvxxgPDYV.jpg Red wine dan cara minum yang tepat (Foto:Telegraph)

RED wine atau anggur merah disebutkan sebagai salah satu pilihan minuman paling populer di seluruh dunia.

Tidak hanya lezat, minuman red wine ini juga dianggap dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa meminum segelas anggur merah setiap malam dapat membantu penderita diabetes tipe-2 untuk mengelola kolesterol dan kesehatan jantung, dengan catatan memang tidak dikonsumsi berlebihan alias dalam ambang batas aman dan normal.

Well, bicara soal meminum minuman anggur merah ini sendiri, tidak bisa dilakukan sembarangan loh. Sebab memang nyatanya, ada tata cara yang tepat dalam meminum red wine ini. Seperti apa langkah meminum yang tepat tersebut? Menyitat Ndtv, Selasa (12/3/2018) di bawah ini ulasan singkatnya.

BACA JUGA:

Tiga Orang Meninggal Usai Makan Daging Penyu, Begini Penjelasan Ilmiahnya

1. Perhatikan label di botol :

Langkah pertama dalam menengguk red wine adalah, jangan dulu buru-buru dituang. Disebutkan untuk terlebih dahulu melihat dan membaca label yang tertera pada botol untuk bisa melihat dan memahami sumber anggur dan berapa usia wine tersebut.

2. Pilih gelas yang tepat :

Saat meminum anggur, salah satunya red wine ini jangan sampai Anda salah memilih gelas loh! Pastikan Anda memilih gelas anggur yang benar, di mana untuk red wine alias anggur merah gelas yang tepat adalah gelas dengan ukuran lingkaran mangkuk yang besar dan bulat.

3. Tuang dan putar :

Alasan mengapa red wine harus diminum dari wadah gelas anggur dengan bentuk bulatan mangkuk yang bundar seperti mangkuk besar, adalah agar bisa memberi ruang untuk memancarkan aroma khasnya. Tuangkan sedikit ke dalam gelas, sekitar sepertiga gelas. Lalu dengan gerakan lembut putar minuman anggur di gelas dan amati potongan-potongan sekitar yang mengambang.

BACA JUGA:

Mengembalikan Kejayaan Kopi Arabika Mandailing Lewat Pameran HUT Madina ke-19

4. Mengendus gelas :

Langkah selanjutnya setelah minuman dituang dan gelas anggur diputar, barulah sekarang hirup aroma anggur dan mengetahui seperti apa rasanya. Pada dasarnya, ada tiga tingkat aroma yang harus bisa Anda pahami saat mencium minuman anggur. Pertama ialah aroma, yang biasanya adalah aroma buah lalu yang kedua adalah mengidentifikasikan rasa dari anggur itu sendiri, kemudian yang terakhir ialah aroma penutup yang merupakan cerminan dari misalnya aroma kotak kayu ek.

5. Cicipi anggurnya :

Langkah yang terakhir ialah dengan menengguk sedikit, dan jangan langsung ditelan dulu biarkan berputar-putar di lidah sejenak. Luangkan waktu untuk bisa menilai rasa yang intens. Ada dua cara untuk minum anggur, yaitu menelan dan me  nganalisa lalu dilepeh, Yup! Dilepeh memang membantu agar minuman anggur merah ini bisa dianalisis rasanya dan bisa dibandingkan dengan berbagai jenis anggur merah. Metode ini juga disebutkan akan menjaga indera tetap utuh dan lengkap.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini