nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari Satu Pohon Durian, Mbah Siman Bisa Raup Keuntungan Rp15 Juta!

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 20:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 12 298 1871700 dari-satu-pohon-durian-mbah-siman-bisa-raup-keuntungan-rp15-juta-PiWpx3TrIE.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KAWASAN Kabupaten Rembang timur yang bergunung-gunung ternyata menyimpan banyak potensi. Bukan hanya tambang baneka bebatuan,tetapi juga aneka tanaman buah-buahan.

Meskipun bukan daerah penghasil bauh-buahan termasuk buah durian, tetapi dari keluarga Siman (60) warga Desa Bitingan,Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang diharapkan bisa menjadi inspirasi betapa kawasan Rembang timur memiliki potensi sebagai penghasil buah durian yang bisa menopang kehidupan perekonomian di pedesaan.

Keluarga Siman mengaku salah satu pohon durian yang tumbuh di pekarangan rumahnya dalam masa panen bisa meraup keuntungan hingga Rp 15 juta rupiah. " Itu saja buah durian dari pekarangan saya jatuh ke tengkulak (bakul). Coba kalau bisa langsung ke pembeli tentu harganya bisa terkatrol," kata Siman polos.

Khomsiyah (30) salah seorang putri Siman menjelaskan pula jika di pekarangan keluarga terdapat 8 pohon durian dan memasuki masa panen kemarin, bila ditotal pendapatan keluarganya telah mencapai Rp 35 juta.

(Foto: Dok)

Diperoleh keterangan pula, jika satu pohon durian raksasa yang mengasilkan uang hingga Rp 15 juta adalah pohon durian peninggalan kakek buyutnya. Bagi warga yang mukim di Kecamatan Sale dan sekitarnya pohon durian milik Siman sudah cukup dikenal memiliki rasa yang khas yaitu rasa durian dari Pegunungan Lasem yang manis pahit namun lezat.

Bupati Rembang Abdul Hafid saat ditemui Senin kemarin meminta masyarakat pedesaan agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk usaha hortikultura produktif. "Kisah keluarga Siman diharapkan menjadi inspirasi bagi petani yang lain,betapa potensi Rembang yang begitu besar dan karunia Tuhan bisa dikelola dengan baik," katanya.

Pihak Pemkab Rembang kata Bupati saat ini tengah berkonsentrasi untuk menata Desa Criwik, Kecamatan Pancur di selatan Pegunungan Lasem sebagai pusat agrobisnis khususnya buah durian khas Rembang. Kendati demikian,pinta Buipati kawasan sekitarnya yang berpotensi juga tengah dilakukan pembinaan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan utamanya tanaman produktif yang memiliki nlai jual tinggi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini