Jelajah Ngalau Simarasok, Gua Eksotis di Sumatera Barat yang Masih Perawan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 02:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 12 406 1871657 jelajah-ngalau-simarasok-gua-eksotis-di-sumatera-barat-yang-masih-perawan-gTWYFXmX9J.jpg Wisata gua Ngalau Simarasok (Foto:Youtube/Brandont)

MENEMUKAN destinasi wisata alam di Indonesia yang masih natural tidaklah sulit. Salah satunya ialah Ngalau Simarasok yang berada di Provinsi Sumatera Barat.

Ngalau Simarasok sebenarnya adalah nama sebuah gua yang berada di kawasan Jorong Simarasok yang masih masuk dalam daerah Nagari Sungai Janiah, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Berada di Ngalau Simarasok para traveler akan merasakan seperti lebih menyatu dengan alam, karena selain ada gua, ada pula sebuah sungai yang mengalir, pepohonan rimbun, dan suasana yang segar karena jauh dari keramaian.

 BACA JUGA:

Demi Capai 17 Juta Kunjungan Wisman di 2018, Kemenpar Targetkan Raih 50 Penghargaan Bergengsi

Mengunjungi Ngalau Simarasok ini juga bisa membuat pengunjung merasakan seperti memiliki gua dan kawasannya sendiri, karena Ngalau Simarasok belum banyak diketahui oleh traveler dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, pengunjung pun dapat melihat penduduk setempat yang menjaga sarang burung walet, yang bisa menemani berkeliling dan membantu Anda jika tersesat.

Saat memasuki gua, para traveler juga bisa menyaksikan indahnya kilauan batu-batu stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam gua. Panjangnya Ngalau Simarasok ini kabarnya menghubungkan antara Jorong Simarasok dan Jorong Tabek Panjang.

Aliran sungai yang cukup panjang bisa Anda telusuri dengan naik perahu sampan yang bisa disewa dari penduduk setempat. Aliran sungai yang tidak deras mampu membuat Anda rileks sambil menikmati suasana alam yang masih asri. Dijamin segala kepenatan pun sirna dari kepala.

BACA JUGA:

Keren, Berbekal Keranjang Cucian Keluarga Ini Bikin "Roller Coaster" di Rumah

Ukuran ngalau yang cukup besar hingga mencapai ketinggian mulut gua 25 meter dan lebar lebih dari 10 meter akan membuat siapa saja yang melihatnya takjub tiada henti-hentinya. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Ngalau Simarasok, Anda bisa langsung menuju ke lokasi objek wisata alam tersebut yang berjarak sekira empat kilometer dari Jalan Raya Baso. Namun, Anda harus berhati-hati karena medan jalan masih berupa jalan tanah dan banyak bebatuan sehingga cukup menantang .

Setibanya di lokasi Ngalau Anda bisa mengeksplorasi alam tanah Minang sepuasnya, asal tetap menjaga kelestarian, kebersihan, keasrian, dan kearifan alam serta budaya setempat. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen kunjungan Anda di Ngalau Simarasok dengan latar belakang gua yang nampak eksotis. Seperti disarikan dari berbagai sumber, Selasa (13/3/2018).

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini