nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Obat untuk Keracunan Makanan Tanpa Rasa Panik

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 15:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 12 481 1871436 3-obat-untuk-keracunan-makanan-tanpa-rasa-panik-96Qu3GTRov.jpg Cuka Apel (Foto: Health)

SESEORANG dapat saja mengalami keracunan makanan suatu ketika. Tapi jangan dihadapi dengan rasa panik dan lakukan segera pengobatannya.

Makanan yang kotor atau tidak higienis mudah saja terkontaminasi bakteri. Belum lagi kalau makanan itu kedaluwarsa, pasti sering menyebabkan keracunan makanan. Apalagi bagi Anda yang suka jajan di pedagang kaki lima, dampaknya kalau tidak bersih pasti mudah alami keracunan.

Biasanya orang yang keracunan ditandai dengan mual, muntah, dan diare. Gejala lainnya yakni berupa nyeri perut, demam, hilang selera makan, letih, sakit kepala, dan masih banyak lainnya.

Agar tidak menyebabkan efek serius, Anda bisa menyiapkan obat rumahan. Coba gunakan cuka apel, jahe, madu atau bawang putih yang bisa membunuh mikroorganisme. Daripada penasaran, simak ulasan tiga bahan alami untuk sembuhkan efek keracunan makanan. Berikut tipsnya, dilansir Stylecraze, Senin (12/3/2018).

Cuka apel

Anda membutuhkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dan satu gelas air hangat. Campurkan dua bahan tersebut dan konsumsilah. Minumlah sekira dua sampai tiga kali untuk menetralisir racun dalam tubuh. Cuka sari apel dianggap baik untuk membunuh bakteri penyebab keracunan yang ampuh sekali. Sebab, kandungan antioksidannya cukup tinggi, sehingga bisa mencegah escherichia coli.

Jahe dengan madu

Siapkan satu ruas jahe, satu gelas air dan sedikit madu murni. Didihkan selama lima menit di panci bersih. Jika sudah matang, saring dan minum airnya. Jahe adalah obat yang biasa digunakan untuk berbagai penyakit, karena mengandung senyawa yang disebut gingerol. Kandungan itu memiliki sifat antimikroba dan membantu melawan patogen yang sebabkan keracunan.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi penting yang dapat membantu pencernaan. Sementara madu berkhasiat sebagai antimikroba dan meredakan mual akibat keracunan.

Bawang putih

Siapkan 2-3 siung bawang putih yang sudah dikupas. Anda bisa mengonsumsinya bersama madu karena khasiatnya juga bagus untuk meredakan efek keracunan. Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antiviral, dan antijamur yang dapat membantu menghancurkan patogen bawaan makanan. Makan bawang putih bisa redakan perut mulas, mual dan demam akibat keracunan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini