Waspadai Glaukoma, Penyakit yang Sebabkan Kerusakan Mata Permanen

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 12 481 1871530 waspadai-glaukoma-penyakit-yang-sebabkan-kerusakan-mata-permanen-f2dXB6e3Jv.jpeg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

ADA beragam jenis penyakit mata yang dialami banyak orang. Kasusnya bisa fatal, salah satunya yakni menyebabkan glaukoma.

Glaukoma adalah penyakit mata yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Penyakit ini ditemukan sangat umum pada orang dewasa, terutama orang yang usianya tua. Penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan jika tidak diobati.

Meski ada beberapa bentuk glaukoma, sudut terbuka dan sudut tertutup adalah dua tipe utama. Glaukoma bentuk penyakit yang paling umum dan berkembang perlahan, sehingga dianggap sebagai kondisi seumur hidup.

 (Baca Juga: 3 Obat untuk Keracunan Makanan Tanpa Rasa Panik)

Sementara glaukoma sudut tertutup yakni juga dikenal sebagai glaukoma sudut-penutupan akut atau sudut sempit. Pasien mengalami rasa sakit dan kehilangan penglihatan yang cepat.

Gejala glaukoma sudut terbuka dan glaukoma sudut-penutupan akut sangat berbeda. Pasien yang menderita penyakit itu secara bertahap penglihatannya perlahan-lahan menurun di bagian kedua mata. Pasien bisa mengalami penyakit stadium lanjut yang memperburuk kondisi.

Bila pasien mengalami glaukoma sudut tertutup, akan mengalami sakit mata yang parah, penglihatan kabur, nyeri mata disertai mual dan terkadang muntah. Mata juga jadi cepat merah, gangguan penglihatan mendadak, gangguan pencahayaan.

Karena itu, Anda harus waspada dengan masalah gangguan glaukoma saat ini. Semakin cepat terdeteksi, bisa segera disembuhkan.

Setiap orang harus sadar akan bahaya glaukoma yang mengintai. Orang bisa mengalami kebutaan permanen karena gagal berobat. Selain itu, bahaya dari glaukoma bisa menurunkan kualitas hidup seseorang.

Kebutaan masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia. Di Indonesia, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua setelah katarak. Jumlah penderitanya terus meningkat, tanpa disadari oleh masyarakat.

  (Baca Juga: Putih Telur Berkhasiat untuk Perkembangan Otot)

Oleh karena itu, glaukoma kerap disebut sebagai 'pencuri' penglihatan. Sayang, saat ini kategori penderitanya masih di antara usia produktif. Ada banyak pemicu, termasuk akibat gaya hidup.

Sementara itu, cara sederhana untuk mengecek glaukoma yakni dengan membandingkan luas pandang mata sebelah kanan dan kiri. Bandingkan mata kanan dan mata kiri, apakah luasnya sama atau tidak saat melihat. Kalau luas pandangannya sama berarti tidak apa-apa, tapi bila berbeda berarti harus hati-hati. Demikian dilansir Zeenews, Senin (12/3/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini