nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Penyakit Gagal Ginjal Kronis yang Tidak Banyak Diketahui

Tiara Amalina, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 01:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 12 481 1871631 5-fakta-penyakit-gagal-ginjal-kronis-yang-tidak-banyak-diketahui-wllln8kN8e.jpg Gagal ginjal dan faktanya (Fotonya: Express)

PENYAKIT gagal ginjal kronis (chronic kidney disease, CKD) adalah proses kerusakan pada ginjal dengan rentang waktu lebih dari 3 bulan. Tapi tahukah Anda, sebenarnya kebanyakan pasien penderita penyakit ini tidak mengetahui fakta lain tentang penyakit ini. Mereka umumnya hanya mengetahui fakta umum seperti, manusia dapat tetap hidup meski hanya mempunyai satu ginjal.

Melansir Kidneybuzz, Selasa (13/03/2018) inilah fakta yang tidak banyak diketahui oleh penderita gagal ginjal.

 BACA JUGA:

Waspadai Glaukoma, Penyakit yang Sebabkan Kerusakan Mata Permanen

 

1.Harapan hidup

Jika membahas tentang hal ini, biasanya pasien memiliki harapan hidup rata-rata 5 sampai 10 tahun. Namun, Yayasan Ginjal Nasional AS mencatat, “Banyak pasien yang dapat hidup lebih baik setelah melakukan cuci darah (dialisis) selama 20 atau 30 tahun,” karena kebanyakan harapan hidup selama melakukan cuci darah sangat bervariasi tergantung kondisi medis dan seberapa baik mereka mengikuti rekomendasi tim kesehatan mereka.

 

2.Pembayaran kesehatan tahunan

Menurut National Kidney Foundation, Penyakit Ginjal Kronik adalah kondisi yang akan menghabiskan biaya yang sangat mahal. "Pembayaran medis tahunan untuk pasien dengan penyakit ginjal meningkat dari USD15.000 (senilai dengan Rp260 juta) di tahap 3 menjadi USD28.000 (Rp385 juta) di tahap 4 sampai lebih dari USD70.000 (sekira Rp964 juta) di tahap 5."

 

3. Kunjungan dokter

Tahukah Anda? Ternyata pasien penyakit ginjal kronik menempati urutan kedua paling sering, setelah kanker dalam jadwal mengunjungi dokter.

BACA JUGA:

Sering Marah-Marah di Kantor? Cek Kualitas Tidur Anda

 

4. Peluang kehamilan dan dialisis

Kebanyakan orang percaya bahwa pasien yang menjalani cuci darah tidak dapat hamil, sebenarnya kehamilan terjadi kira-kira pada 1% pasien, biasanya hal tersebut dapat terjadi dalam beberapa tahun pertama saat memulai dialisis.

5. Anda tidak dapat menikmati semua makanan favorit

Sebenarnya hal ini tidak selalu terjadi. Memang, pasien penyakit ginjal kronis harus mengurangi sodium, potasium, fosfor dan nutrisi berbahaya lainnya. Namun sebenarnya Anda dapat menggunakan bumbu dan rempah-rempah ketimbang menggunakan garam atau MSG. Mereka yang menderita penyakit ginjal kronis lebih disarankan untuk makan lebih sering di rumah, agar mereka tahu apa makanan yang seharusnya mereka konsumsi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini