Perkuat Gigi dengan 9 Makanan Kaya Akan Fluorida ini

Widya Marchellin, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 12 481 1871665 perkuat-gigi-dengan-9-makanan-kaya-akan-fluorida-ini-1ZzSfiNbWy.jpg Tiram untuk menguatkan gigi (Foto: Shutterstock)

FLUORIDA adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk memperkuat gigi dan membantu mencegah gigi berlubang serta penyakit mulut lainnya. Mineral ini membuat tulang kuat dan membantu mencegah kerusakan gigi.

Melansir Boldsky, Senin (12/3/2018), menurut National Library of Medicine, jumlah fluorida yang dibutuhkan rata-rata orang sangat bergantung pada berat tubuhnya. Pria harus memiliki 4 miligram fluorida setiap hari, wanita membutuhkan sekitar 3 miligram, dan anak-anak membutuhkan 0,5 miligram fluorida per hari.

Fluorida dapat ditemukan dibanyak makanan dan minuman. Berikut makanan yang kaya fluorida:

Teh hitam

Teh hitam kaya akan fluorida. Jumlah fluorida dalam teh tergantung pada air yang Anda gunakan untuk membuat teh. Satu porsi 3,5 ons teh hitam mengandung antara 0,25 dan 0,39 miligram fluorida. Ini akan memberi Anda 9,7 persen kebutuhan fluorida harian.

 (Baca Juga: Tiga Orang Meninggal Usai Makan Daging Penyu, Begini Penjelasan Ilmiahnya)

Kismis

Kismis manis dan lembut kaya akan fluorida selain itu juga vitamin seperti vitamin E, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, dan sebagainya. Kismis adalah sejenis anggur kering yang membantu meredakan sembelit, mencegah anemia, demam dan disfungsi seksual.

Udang

Udang adalah kerang yang bertahan di air dan mengandung fluorida yang dikemas dengan protein dan nutrisi vital lainnya. Udang mengandung mineral seperti selenium vitamin B12, fosfor, kolin, tembaga dan yodium.

Kepiting

Kepiting kerang yang paling banyak dikonsumsi setelah udang. Kepiting rendah lemak jenuh dan merupakan sumber vitamin C, riboflavin, niasin, zat besi, tembaga, vitamin B12, magnesium dan fosfor yang baik.

Tiram

Tiram adalah jenis makanan laut lain yang mengandung fluorida namun dalam jumlah yang lebih kecil. Tiram mengandung 0,05 miligram setiap 3 ons dan sebagian besar jenis ikan mengandung 0,02 miligram dalam porsi 3,5 ons.

Anggur

Anggur juga mengandung antioksidan dan fitonutrien. Ini mengandung vitamin C, mangan, vitamin A, magnesium, vitamin B6 dan zat besi. Untuk meningkatkan kandungan fluorida, Anda dapat meminum segelas jus anggur dan dilarang mengonsumsi terlalu banyak .

  (Baca Juga: Waspadai Glaukoma, Penyakit yang Sebabkan Kerusakan Mata Permanen)

Flavored water

Rasa air yang dibuat dengan rasa buah alami mengandung fluorida juga. Jumlah fluorida dalam air rasa sangat bergantung pada air yang Anda gunakan untuk membuatnya. Air rasa dengan pemanis buatan tidak sehat dan bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Soda

Jumlah fluorida yang mengandung soda akan tergantung pada air yang digunakan untuk menyiapkannya. Meskipun soda tidak baik untuk kesehatan, terutama minuman manis, ini harus dihindari. Itu karena komposisi asam dalam soda bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Kentang

Kentang mengandung sekira 0,14 miligram fluorida. Ini akan memenuhi 3,5 persen kebutuhan fluorida harian bagi seorang pria. Dan untuk wanita, ini akan memberi 5 persen asupan fluorida yang direkomendasikan. Anda dapat memanggang kentang atau menambahkannya ke sup untuk mendapatkan sebagian besar mineral.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini