5 Hal Perlu Anda Ketahui Tentang Kepribadian Introvert, Lebih Kreatif & Unggul

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 196 1871984 5-hal-perlu-anda-ketahui-tentang-kepribadian-introvert-lebih-kreatif-unggul-hqTr9k9e5R.jpg Sisi baik kepribadian introvert (Foto:Bimex)

BANYAK orang yang percaya bahwa seseorang yang memiliki kepribadian introvert adalah seseorang yang tidak mudah bergaul. Berbeda dengan seseorang yang memiliki kepribadian ektrovert, dikenal dengan mudah bergaul, bertukar informasi dengan banyak orang dan melakukan aktivitas sosial.

Dilansir dari Forbes, Selasa (13/3/2018)  tak selamanya seseorang yang memiliki kepribadian introvert itu tidak menyenangkan, bahkan tidak menonjol di kalangan teman-teman yang ekstrovert. Berikut ini ada beberapa hal menarik mengenai bagaimana seorang introvert menonjol di tengah rekannya yang ekstrovert.

BACA JUGA:

5 Makna Mimpi yang Sering Dialami, Mulai Gigi Copot hingga Telanjang

 

Introvert lebih mendengarkan

Salah satu perbedaan antara introvert dan ekstrovert adalah saat mendengarkan sesuatu yang sedang disampaikan rekan. Introvert cenderung lebih banyak mendengarkan sesuatu hal yang disampaikan, sehingga terkadang lebih terbuka terhadap gagasan baru. Oleh karena itu, ia akan menerapkan saran dari orang lain untuk mencapai tingkat yang lebih baik atau tinggi.

Introvert tampil lebih baik

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung lebih efektif dengan orang-orang yang proaktif. Alasannya, karena mendengarkan lebih banyak dan tahu apa akibatnya yang bisa mendapatkan keuntungan untuk dirinya nanti. Sebaliknya, ekstrovert lebih efektif dalam mempengaruhi dinamika suatu kelompok saat peserta pasif.

Tapi, ada suatu lingkungan yang di mana ekstrovert lebih unggul dibanding introvert. Artinya, introvert dan ekstrovert belajar mengenai kepribadiannya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, sehingga dapat melakukan sesuatu secara optimal.

 

Introvert lebih kreatif

Salah satu pendiri Apple mengatakan bahwa seniman bekerja lebih baik saat sendirian yang di mana dapat mengendalikan suatu desain penemuan secara fokus tanpa banyak orang yang merancangnya.

Terkadang dengan kesendirian akan mencegah gangguan terhadap sesuatu yang menyebabkan hilang konsentrasi. Dengan bekerja sendiri, akan bisa merancang sesuatu dan fitur revolusioner.

 

Introvert unggul dalam berpikir jernih

Dengan sedikitnya gangguan dari lingkungan, introvert dapat bekerja lebih metodis, sehingga membuat sedikit kesalahan dan tetap bertahan dengan suatu tantangan untuk jangka waktu yang lebih lama. Di sisi lain, ekstrovert lebih memilih unutk fokus pada lingkungannya saat ini.

 

Introvert fokus terhadap makna

Semua orang membutuhkan sedikit waktu untuk dirinya sendiri. Perbedaan antara introvert dan ekstrovert di sini ialah kelompok introvert diberi energi dengan menghabiskan waktu sendirian, sedangkan yang ekstrovert merasa seolah-olah berada dalam lingkup sosial dan merindukan seseorang siapa saja untuk berinteraksi dengannya.

 BACA JUGA:

ILO: Perempuan Lebih Sulit Dapat Pekerjaan dan Dibayar Rendah

Menurut pendapat pakar, bahwa seseorang memiliki gabungan sisi introvert dan ekstrovert dalam dirinya. Sehingga dalam salah satu sisi akan terlihat lebih dominan. Introvert atau pun ekstrovert, keduanya tidak ada yang salah dan akan baik-baik saja.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini