nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mimpi Buruk Bisa Dihentikan & Dihindari, Cara dari Ahli Mimpi Ini Patut Diterapkan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 14:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 13 196 1872026 mimpi-buruk-bisa-dihentikan-dihindari-cara-dari-ahli-mimpi-ini-patut-diterapkan-eqyS8nZzT9.jpg Cara menghindari mimpi buruk (Foto:Ilustrasi/Shutterstock)

MIMPI memang beraneka macam wujudnya, mulai yang menyenangkan, mengerikan, hingga menakutkan. Setelah bermimpi yang mengerikan atau menakutkan biasanya orang akan merasa mimpi itu seperti nyata dan tidak jarang sampai berpengaruh pada kualitas tidur.

Namun, di balik mimpi buruk yang menakutkan ternyata ada sebuah makna yang terdapat di dalamnya. Seperti yang dikatakan Dr. Ian Wallace, psikologi dan ahli mimpi, dalam Daily Mail, Selasa (13/3/2018), mimpi buruk atau menakutkan adalah mimpi yang paling berguna, karena bisa mengingatkan Anda akan peluang yang ada dalam kehidupan, terlebih saat Anda dihadapkan pada pilihan hebat yang bisa meningkatkan kesejahteraan hidup.

 BACA JUGA:

5 Hal Perlu Anda Ketahui Tentang Kepribadian Introvert, Lebih Kreatif & Unggul

Mimpi buruk sebenarnya hanyalah sejenis pengalaman yang terjadi dalam mimpi disebabkan oleh emosi yang meningkat dan situasi tidak bisa Anda kendalikan. Meskipun mimpi buruk nampak tidak terkendali, tapi Anda bisa mengambil langkah untuk mengatasinya.

Sementara itu, masih dalam sumber yang sama, sebuah mimpi buruk Anda alami alasannya bukanlah semata-mata untuk menakut-nakuti atau membuat Anda kesal, tapi justru bisa membuat diri Anda sadar ada sesuatu yang tidak seimbang dalam kehidupan Anda di dunia nyata. Jika Anda mengabaikan ketidakseimbangan yang terjadi itu, alam bawah sadar Anda akan mulai meningkatkan emosional, hingga kemudian terjadi mimpi buruk dan membuatnya tampak menakutkan hingga Anda sadar dan terbangun dari tidur.

BACA JUGA:

5 Makna Mimpi yang Sering Dialami, Mulai Gigi Copot hingga Telanjang

Pada orang yang mengalami mimpi buruk atau menakutkan, biasanya akan mengalami hal yang paling mengganggu, seperti merasa tidak memiliki kendali atas mimpi yang dialaminya sendiri. Rasa takut yang dirasakan disebabkan oleh ketidaksadaran yang tidak bisa dikendalikan, hingga menimbulkan rasa frustrasi, lalu muncul ketegangan yang belum terselesaikan dari kehidupan nyata.

Untuk menghentikan sebuah mimpi buruk, Anda bisa mencoba mengatakan pada diri sendiri tentang sesuatu yang sangat penting, dengan begitu Anda mulai memperhatikan masalah, dan mimpi buruk akan berakhir. Akan tetapi, sebaiknya hindari mimpi buruk sebelum mimpi itu terjadi dalam tidur, sebab lebih mudah menghindari mimpi buruk daripada mengakhirinya. Cara untuk menghindari mimpi buruk, sebaiknya sebelum tidur Anda harus menenangkan pikiran terlebih dahulu. Hindari frustrasi dan kecemasan yang Anda alami dalam kehidupan sehari-hari.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini