nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Manis, Ini 6 Jenis Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 08:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 298 1871862 meski-manis-ini-6-jenis-buah-buahan-yang-aman-dikonsumsi-penderita-diabetes-Q0tQD9UQKp.jpg Kiwi sehat untuk diabetesi (Foto: Boldsky)

BAGI penderita diabetes, mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi adalah salah satu hal yang harus dihindari. Pasalnya, makanan dengan kadar gula tinggi, akan semakin memperparah penyakit tersebut.

Namun bukan berarti Anda tidak dapat mengonsumi makanan bercita rasa manis. Dilansir dari Times of India, Selasa (13/3/2018), ternyata ada 6 jenis buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Berikut ulasannya.

Jeruk

Selain memiliki indeks glycaemic yang rendah, jeruk juga diperkaya vitamin C dan rendah kalori yang ampuh untuk membantu para pengidap diabetes melawan keinginan menyantap makanan bercita rasa manis.

Cranberry

Sudah menjadi rahasia umum semua jenis buah beri mengandung anioksidan dan serat yang sangat tinggi. Kabar baiknya, buah ini memiliki kadar gula yang sangat rendah sehingga dapat membntu Anda mengontrol . Selain itu, cranberry juga sangat ampuh untuk mencegah kambuhnya UTI, suatu gejala yang sering dialami para penderita diabetes.

Semangka

Anda tentu sudah mengetahui bahwa 95% kandungan nutrisi yang terdapat pada buah tersebut adalah air. Dengan kandungan tersebut, buah ini dapat membantu para diabetes dalam mengurangi rasa lapar. Singkatnya, konsumsi semangka secara rutin dapat menjaga kadar gula di dalam tubuh Anda.

Apel

Masih ingatkah Anda dengan pepatah, "Konsumsi sebuah apel seriap hari, dapat menghindari Anda dari dokter"? Kalimat tersebut sebetulnya hendak menggambarkan bahwa apel mengandung nutrisi esensial yang dapat menghindari Anda dari berbagai penyakit berbahaya, termasuk diabetes.

Kiwi

Para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah berbentuk mungil ini. Kiwi diketahui mengandung kadar gula yang sangat rendah, serta ampuh dalam menjaga fungsi tubuh dengan baik. Selain itu, buah tersebut juga kaya akan vitamin C dan serat yang dipercaya ampuh untuk mencegah penyakit diabetes.

Delima

Selain buah berri, delima juga diketahui mengandung antioksidan dan zat besi yang cukup tinggi. Buah ini dapat menghindari Anda dari berbagai penyakit berbahaya termasuk diabetes karena dapat membantu mengurangi kadar gula di dalam darah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini