nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Dessert Lezat Prancis yang Sayang untuk Dilewatkan Lidah Anda

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 13:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 13 298 1871939 5-dessert-lezat-prancis-yang-sayang-untuk-dilewatkan-lidah-anda-o4AYcvXlP8.jpg Lemon Tart dessert Prancis yang lezat (Foto: Ndtv)

KETIKA bicara soal dessert atau makanan penutup, rasanya memang tidak bisa kalau sampai melewatkan dessert ala Prancis.

Prancis sendiri disebutkan sebagai tempat yang tidak usah diragukan lagi, sebagai negara terbaik yang menawarkan variasi dessert lezat. Mulai dari hidangan klasik seperti crepes hingga macarons yang penuh warna semua hadir di Prancis.

Dessert ala Prancis sendiri tidak hanya hadir dengan rasa yang enak, namun juga tampilan visual indah dipanda mata. Kemudian tahukah bahwa asal kata dessert sendiri berasal dari bahasa Prancis "desservir"?

Nah semakin penasaran kan dengan dessert-dessert lezat nan cantik ala Prancis ini? Menyitat Ndtv, Selasa (13/3/2018) berikut 5 pilihan dessert Prancis nikmat yang terlalu sayang jika dilewatkan.

1. Crepes

Crepes adalah salah satu hidangan pinggir jalan alias street food paling favorit di Prancis. Crepes hadir dengan topping rasa manis dan gurih, dari potongan buah pisang hingga sirup maple, tidak ada batasan untuk topping crepes sendiri. Crepes yang ringan dan tipis ini biasanya dibuat dengan tepung gandum, kemudian disajikan dengan potongan buah segar, es krim vanilla, dan sirup berbagai rasa.

2. Eclair

Pastry Prancis berbentuk lonjong panjang berisikan krim cokelat. Dalam pembuatannya, eclair berisikan krim cokelat ini diolah dengan cara dipanggang. Dipanggang hingga bagian luarnya renyah dan berongga di bagian dalamnya.

3. Macarons

Ialah sandwhich cookie berwarna-warni cerah yang diisi dengan ganache, selai, atau bisa juga icing. Macarons sendiri dibuat dengan teknik meringue. Dessert penuh warna ini tidak hanya disukai orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak.

4. Creme Brulee

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki sweet tooth, alias menyukai dan hobi menyantap makanan yang manis-manis. Well, dessert satu ini jangan sampai terlewatkan pastinya! Creme brulee adalah sajian makanan penutup yang kaya rasa, hadir dengan tampilan bagian atasannya ditutupi oleh lapisan custard dan karamel. Creme brulee klasik biasanya hadir dengan rasa vanilla, namun sah-sah saja jika menambahkan rasa tambahan lainnya ke dalamnya.

5. Lemon Tart

Hidangan tart yang diolah dengan cara dipanggang. Bagian dasar pastry, atau shortcrust pastry base diisi dengan isian dengan rasa lemon. Kemudian biasanya dihiasi dengan gula bubuk, sehingga menonjol menjadi kombinasi sempurna dari cita rasa manis dan cita rasa gurih.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini