nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mimpi Buruk Anda Akibat Makan Keju, Benarkah?

Grivy.com, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 13 298 1872209 mimpi-buruk-anda-akibat-makan-keju-benarkah-pVlwRmxaJX.jpg Keju bikin mimpi buruk (Foto:Vynbistro)

KEJU adalah salah satu bahan pangan yang tidak jarang membuat sebuah makanan menjadi lebih nikmat. Maka tidak jarang keju ditambahkan dalam berbagai olahan makanan.

Kendati banyak orang percaya, terlalu banyak mengonsumsi keju bisa bikin Anda mimpi buruk, seorang ahli nutrisi bernama Joy Dubost justru menyangsingkan hal itu. Ia mengatakan, tidak banyak riset yang mendukung kesimpulan tersebut. Bahkan, hal ini juga berlaku untuk semua jenis makanan.

Memang, ada beberapa penelitian yang mencoba menyibak keterkaitan antara makanan dan mimpi buruk. Salah satunya, berasal dari British Cheese Board. Hanya saja, tidak pernah ada bukti yang mendukung bahwa keju--dan produk susu lainnya--bisa menyebabkan mimpi buruk. Kendati demikian, para peneliti memang menemukan keju bisa memengaruhi mimpi secara umum. Bahkan, kualitas dan jenis mimpi bisa saja bergantung pada jenis keju yang berbeda.

 BACA JUGA:

Siap-Siap Menelan Ludah, Ini Museum Khusus Pencinta Permen

 

Karena Persepsi

Kendati tidak ada kaitan antara keju dan mimpi buruk, sebuah studi yang digagas tahun 2015 mencoba untuk menemukan hubungan antara produk susu dan mimpi. Untuk menemukannya, tim peneliti bertanya kepada 382 orang, tentang seberapa besar keyakinan mereka soal makanan dapat memengaruhi mimpi.

 BACA JUGA:

5 Dessert Lezat Prancis yang Sayang untuk Dilewatkan Lidah Anda

Setidaknya, 18% persen responden percaya, apa yang mereka makan bisa memengaruhi mimpi. Sementara 44% dari jumlah tersebut menunjuk produk susu sebagai penyebab paling besar. Adapun beberapa alasan mimpi buruk setelah mengonsumsi produk susu bisa jadi disebabkan oleh tidur yang terganggu (food distress hyphothesis) atau justru hasil dari persepsi awal itu sendiri.

Pada akhirnya, hal inilah yang dianggap mampu memengaruhi mimpi. Sementara itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan berat--terutama yang tinggi lemak dan pedas, bisa juga membuat tidur jadi tidak berkualitas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini