nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Aman Bawa Power Bank saat Traveling Menggunakan Pesawat Terbang

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 17:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 13 406 1872176 tips-aman-bawa-power-bank-saat-traveling-menggunakan-pesawat-terbang-ebEAACdPN7.jpg Power Bank (Foto: Zee Business)

PENGISI daya portable atau power bank memang sangat membantu traveler di saat liburan. Tapi ada batasan pemakaian yang harus Anda ketahui, terutama saat bepergian dengan pesawat terbang.

Sebab, benda tersebut punya potensi risiko bahaya meledak atau kebakaran saat digunakan di atas udara. Untuk menjamin keselamatan penumpang, Anda harus menghindari pemakaian benda tersebut hingga tiba di destinasi yang akan dituju.

Kementerian Perhubungan RI mengimbau kepada seluruh penumpang membatasi penggunaan benda itu. Ketika melakukan check in atau saat proses lapor di gedung terminal bandara, Anda harus memberi tahu kepada petugas.

Ada syarat yang harus dipatuhi oleh penumpang saat membawa power bank tersebut. Salah satu yang paling penting yakni Anda tidak boleh menggunakan atau men-charge handphone dengan power bank selama penerbangan.

Selama tidak digunakan, traveler juga wajib meletakkan power bank di bagasi kabin. Jangan simpan benda itu di bagasi bawah, sebab meningkatkan risiko yang berbahaya.

 Adapun daya jam atau watt-hour yang dapat dibawa penumpang yakni, tidak lebih dari 100 Wh dapat dibawa oleh penumpang. Jika dayanya lebih dari itu, Anda harus meminta persetujuan kepada petugas penerbangan saat melapor ke meja check in.

Aturan ini khusus berlaku bagi penerbangan domestik. Maka, ketika Anda hendak melancong keliling Indonesia dengan menggunakan pesawat, harus mematuhi pertauran baru ini.

Sementara jika Anda hendak melakukan perjalanan dengan rute internasional, masing-masing penumpang hanya boleh membawa dua buah power bank dengan daya tertentu. Power bank yang boleh dibawa yakni punya daya tidak lebih dari 160 Wh. Jangan bawa benda itu naik ke pesawat udara demi keselamatan bersama.

Selain melapor untuk proses kelancaran penerbangan, di gerbang masuk terminal atau di bagian security check, Anda harus menunjukkan power bank yang Anda miliki. Petugas keamanan juga harus menanyakan kepada calon penumpang agar prosesnya lebih lancar. Jika tidak memenuhi ketentuan, petugas keamanan tidak boleh menyita, tetapi harus menyimpan benda itu berdasarkan standard operating procedure (SOP).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini