nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Ini Hal Penting Bawa Power Bank saat Traveler Terbang ke Luar Negeri

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 18:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 13 406 1872197 catat-ini-hal-penting-bawa-power-bank-saat-traveler-terbang-ke-luar-negeri-EHnQu62Nz3.jpg Ketentuan membawa power bank dalam penerbangan internasional (Foto:Pickaboo)

PERGI ke luar negeri pasti Anda wajib membawa gadget dan perangkatnya. Power bank tentu tak boleh tertinggal untuk 'menyelamatkan' smartphone saat habis baterai.

Tapi, baru-baru ini ada aturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan RI saat penumpang membawa power bank. Anda harus mematuhinya, agar benda berharga itu tidak disita oleh petugas bandara.

 BACA JUGA:

Tips Aman Bawa Power Bank saat Traveling Menggunakan Pesawat Terbang

Saat pergi keliling mancanegara, traveler tidak boleh membawa pengisi baterai portable di atas 160 What-hour (Wh). Bukan tanpa alasan, benda itu diklaim dapat memicu risiko meledak atau kebakaran saat digunakan di atas ketinggian lebih dari 3.000 kaki.

Berdasarkan informasi resmi yang diterima Okezone, Selasa (13/3/2018), jika ingin aman membawa benda itu saat pergi ke luar negeri, lapor dahulu kepada petugas bandara. Hal ini mutlak agar bisa menjaga keselamatan penumpang lainnya. Setiap penumpang hanya diperbolehkan membawa dua power bank dengan daya yang sudah ditentukan.

Petugas bandara, terutama di bagian meja pelaporan penumpang (check-in), harus mengecek barang bawaan calon penumpang. Terutama, mengecek ada atau tidaknya power bank yang dibawa penumpang.

Petugas diimbau untuk menginformasikan kepada setiap penumpang yang membawa benda pengisi baterai portable ini. Daripada membahayakan penumpang lain atau malah power bank Anda disita oleh petugas bandara di destinasi liburan yang bakal dituju.

Ketika Anda mematuhi peraturan ini, liburan akan terasa nyaman. Anda juga masih tetap bisa menggunakan smartphone untuk mengabadikan momen liburan Anda dan orang-orang tercinta.

 BACA JUGA:

Penjualan Tiket KA Lebaran Sudah Dibuka, Tersedia 236.210 Kursi Per Hari

Agar hemat baterai, Anda bisa membawa kamera digital yang sederhana. Atau Anda bisa membawa kamera profesional agar hasil gambar lebih tajam.

Jika tidak terpaksa, sebaiknya jangan bawa power bank saat pergi liburan. Mungkin di beberapa kota destinasi Anda juga ada batasan penggunaan benda itu.

Apalagi semakin besar daya power bank yang Anda miliki, harganya semakin mahal. Tentu hal ini sangat disayangkan, terutama kalau disita oleh petugas bandara. Pastikan agar smartphone tetap menyala, siapkan saja charger yang bisa cepat mengisi daya dengan normal di dalam tas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini