nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Botol Berisi Pesan Ratusan Tahun Ditemukan di Pulau Wedge, Australia

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 05:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 13 406 1872259 botol-berisi-pesan-ratusan-tahun-ditemukan-di-pulau-wedge-australia-sY0c3h7G30.jpg Botol Pesan Ratusan Tahun (Foto: News)

BILA Anda mendengar dongeng yang berlatar tempat pantai, kisah apa yang paling sering diceritakan? Salah satunya mungkin membuang botol ke lautan yang berisi pesan, agar dibaca oleh orang yang ingin dituju. Namun sebenarnya hal itu bukanlah sekadar cerita dongeng. Sebab beberapa orang melakukan tindakan tersebut dengan harapan yang sama.

Kejadian ini dibuktikan setelah satu buah botol yang diperkirakan berusia hampir 132 tahun ditemukan di pantai Australia bagian barat. Botol ditemukan oleh seorang perempuan dari Perth bernama Tonya Illman dan dipinjamkan ke museum untuk dipamerkan selama dua tahun ke depan. Botol tersebut berisi sebuah pesan yang mengungkapkan identitasnya. Melansir News, Rabu (14/3/2018), botol yang ditemukan dalam posisi setengah terkubur itu diperkirakan telah dilempar dari pantai di India.

Sekadar informasi, berdasarkan catatan dunia sebelumnya, pesan tertua yang terdapat di dalam botol berusia 108 tahun 4 bulan 18 hari berdasarkan waktu pelepasan dan waktu ditemukan. Kembali berbicara mengenai botol yang baru ditemukan, botol tersebut ditemukan di dekat Pulau Wedge yang berjarak kira-kira 180 km utara dari Perth. Sesuai dengan informasi di kertas, botol dilemparkan dari barque "Paula" yang berlayar dari Jerman pada 1886.

Pelayaran tersebut merupakan eksperimen untuk lebih memahami arus laut global serta menemukan rute pelayaran yang lebih cepat dan lebih efisien. Sementara itu, dari tahun 1864 - 1933, ribuan botol telah dilemparkan ke laut dari kapal-kapal Jerman yang masing-masing berisi sebuah formulir untuk menginformasikan tanggal pelemparan botol, koordinat, nama kapal, pelabuhan asal, serta rute perjalanannya.

Di bagian belakang kertas terdapat informasi yang harus diisi oleh penemu botol yaitu waktu dan lokasi penemuan botol. Siapapun yang menemukan botol harus mengembalikannya ke Observatorium Angkatan Laut Jerman di Hamburg atau konsulat Jerman terdekat. Berdasarkan data, hingga saat ini hanya 662 kertas pesan yang telah kembali namun tidak ada satupun yang dikembalikan bersama botolnya. Botol dan catatan terakhir ditemukan pada tahun 1934 di Denmark.

Dengan ditemukannya botol terbaru ini maka menambah jumlah pesan tersebut. Penemuan terakhir ini telah diakui otentik oleh cabang-cabang dari German Naval Observatory dan Western Australian Museum.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini