Image

Manfaat Bromelain, Enzim yang Membuat Lidah Gatal pada Nanas

Widya Marchellin, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 15:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 481 1872063 manfaat-bromelain-enzim-yang-membuat-lidah-gatal-pada-nanas-25f0iUQQNZ.jpg Nanas (Foto: Foxnews)

NANAS adalah salah satu buah yang disukai banyak orang. Namun tak sedikit yang menghindarinya karena rasa gatal yang muncul pada lidah setelah mengonsumsi nanas.

Rasa gatal itu muncul karena adanya enzim bromelain pada nanas yang terdiri dari beberapa endopeptidase dan senyawa seperti fosfatase, glusidase, peroksidase, selulase, escharase dan protease inhibitor.

Bromelain adalah enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Kendati demikian, bromelain pada nanas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Melansir Draxe, Selasa (13/3/2018) berikut beberapa manfaat dari bromelain pada buah nanas:

Mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian ditemukan, bromelain memiliki efek anti kanker, meningkatkan kematian sel apoptosis dan mencegah pertumbuhan tumor. Selain itu bromelain juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai agen terapeutik dalam mengobati kanker.

 (Baca Juga: Mengenal Buti Yoga, Jenis Yoga Baru yang Buat Anda Lebih Banyak Bergerak)

Membantu mengobati gangguan pencernaan

Bromelain secara khusus dapat mencerna protein dan membantu tubuh menyerap nutrisi. Penelitian juga menunjukkan bahwa Bromelain dapat mengurangi peradangan kolon dan mengurangi sekresi sitokin pro-inflamasi yang merusak lapisan usus karena sangat efektif dalam penyembuhan jaringan di dalam saluran pencernaan. Selain itu juga menjadi obat untuk berbagai penyakit yang terjadi di saluran pencernaan.

Lebih cepat memulihkan luka

Sifat anti-inflamasi bromelain menjadikannya alternatif alami yang hebat sebagai obat pembunuh rasa sakit, seperti aspirin. Sebagian besar pasien yang menjalani operasi mengalami gejala pasca operasi yang signifikan, dan sayangnya antibiotik dan obat penghilang rasa sakit tidak selalu efektif untuk mencegah infeksi atau ketidaknyamanan lainnya selama proses penyembuhan. Penelitian menunjukkan mereka yang diberi resep bromelain melaporkan "nyeri pasca operasi" secara signifikan lebih rendah mengalami pembengkakan dan bahkan kemerahan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberi obat penghilang rasa sakit generik.

Melawan alergi dan asma

Jurnal Evidenced-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa enzim bromelain membantu memodulasikan keseluruhan sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah alergi dengan mengatasi akar penyebabnya dengan sistem kekebalan tubuh yang hiperaktif dan oversensitif.

Membantu mencegah atau mengobati infeksi sinusitis

Kebanyakan penderita sinusitis mengobati dengan cara operasi dan seringkali hal ini tidak efektif. Peneliti dari Universitas Cologne di Jerman menemukan bahwa enzim bromelain sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati infeksi sinusitis.

  (Baca Juga: Untuk Pencegahan, 3 Jenis Sariawan Ini Harus Anda Ketahui)

Membantu mengurangi nyeri sendi

Anti-inflamasi dan analgesik pada bromelain sangat bagus untuk mengurangi nyeri sendi akut atau kronis . Jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine menerbitkan sebuah penelitian bahwa bromelain menunjukkan sifat anti-inflamasi dan analgesik dan dapat memberikan alternatif atau pengobatan tambahan yang lebih aman untuk osteoartristis.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini