nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Manfaat Makan Pisang untuk Tubuh

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 15:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 13 481 1872073 sederet-manfaat-makan-pisang-untuk-tubuh-sJQi4ktX4Y.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PISANG adalah buah yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Buah ini dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi kelelahan dan depresi hingga sembelit. Kemudian selain itu, pisang juga dapat memberikan efek dingin pada tubuh, merangsang produksi hemoglobin dan menyembuhkan anemia.

Terlepas dari itu semua, pisang memang mengandung banyak nutrisi seperti potassium, serat, dan magnesium. Namun apakah buah ini dapat dimakan di pagi hari ketika perut kosong? Passti pertanyaan ini sering muncul di kepala Anda. Simak ulasannya dilansir dari Boldsky, Selasa (13/3/2018):

Pisang kaya nutrisi

Adanya kandungan potassium, magnesium, dan serat dapat meningkatkan energi dan mengurangi rasa lapar. Mengkonsumsi buah ini setiap hari akan membantu tubuh dalam memperoleh energi saat beraktivitas. Pisang juga mengandung nutrisi lain seperti zat besi, triptofan, vitamin b dan vitamin b6 yang bagus untuk tubuh.

 (Baca Juga: Manfaat Bromelain, Enzim yang Membuat Lidah Gatal pada Nanas)

Pisang bagus untuk turunkan berat badan

Hal yang paling mudah dilakukan selain ketika ingin menurunkan berat badan selain olahraga adalah makan pisang dengan segelas air hangat. Dengan mengkonsumsinya di waktu pagi akan mengurangi kebiasaan makan Anda saat siang dan malam hari.

Kenapa harus memakan pisang dan air?

Ya, makan pisang dengan air putih akan membantu mengatasi hidrasi di tubuh. Adanya enzim pada pisang membantu menghilangkan racun atau kotoran dari tubuh. Apalagi kandungan fruktosa dan serat makanan yang memiliki fungsi mengatasi sembelit dan meningkatkan metabolisme.

  (Baca Juga: 5 Dessert Lezat Prancis yang Sayang untuk Dilewatkan Lidah Anda)

Setelah mengetahui manfaat pisang, apakah buah ini dapat dimakan di pagi hari ketika perut sedang kosong?

Walaupun memiliki banyak manfaat, tetapi jika memakannya saat perut kosong akan merusak organ hati. Hal ini dikarenakan tingginya jumlah kandungan gula alami pada pisang membuat energi anda berkurang, yang pada akhirnya timbul perasaan ngantuk dan lelah. Selain itu pisang juga bersifat asam dan dapat mengakibatkan masalah pada usus jika dikonsumsi saat perut kosong.

Untuk meminimalisir masalah tersebut, Anda masih bisa mengonsumsi pisang saat perut kosong namun harus mengkombinasikannya dengan oatmeal, sereal dan buah lainnya. Dengan begitu asam pada pisang akan berkurang dan anda akan mendapatkan manfaat pisang dengan sempurna.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini