nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Bahayanya Jika Tidak Menjaga Kebersihan Udara di Dalam Mobil

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 20:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 13 481 1872112 ini-bahayanya-jika-tidak-menjaga-kebersihan-udara-di-dalam-mobil-8Olys3iVEs.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENJAGA kebersihan udara di dalam kabin mobil penting dilakukan siapa saja. Sebab ternyata ruang di dalam mobil bisa tularkan banyak penyakit.

Tanpa disadari udara yang ada di dalam mobil tidak sehat. Jarang sekali orang memasang penyaring udara agar bebas bakteri dan patogen lainnya.

Kalau udara tidak sehat, tentu menghambat banyak oksigen yang dihirup. Karena itu, seseorang mudah terserang penyakit yang berkaitan dengan gangguan pernapasan.

Para ahli mengatakan, orang sudah peduli dan tahu jika udara di luar ruangan kotor dan berpolusi. Namun sayang, mereka tidak menyadari bahwa udara di dalam ruangan lebih kotor dan mudah menularkan penyakit.

 (Baca Juga: Siapa Sangka, Ternyata Perlengkapan Tidur Ini Berbahaya untuk Bayi)

"Di dalam mobil risiko paparan udara kotor 15 kali lebih kotor daripada di luar ruangan. Studi ini didapatkan dari institusi internasional," ujar Perwakilan Ahli dari Amway Indonesia Dharmaparayana Sthirabudhi, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dia menambahkan, udara berpolutan dalam mobil bisa terjadi karena kebiasaan makan dan minum saat berkendara, masuknya polutan dari udara luar, kebiasaan merokok, atau asap knalpot dari kendaraan lain, serta orang tidak menjaga kebersihan mobil.

Terlebih di bagian filter AC jarang sekali dibersihkan, padahal tempat itu merupakan sumber penularan jamur. Belum lagi ada paparan patogen lainnya dari kotoran yang menempel di jok mobil atau bagian perabot dalam kendaraan Anda.

Akibatnya, terang Associate Engineer Product Design Durables R&D Austin Teerman, ada dampak buruk penyakit yang menyerang tanpa disadari. Penumpang dan pengendara mudah menderita gangguan pernapasan yang merugikan.

"Setiap mobil harus diberikan penyaring udara supaya tidak memicu banyak penyakit. Selain itu, sering bersihkan filter AC agar udara yang tersaring sesuai," bebernya, pada kesempatan yang sama.

  (Baca Juga: Sederet Manfaat Makan Pisang untuk Tubuh)

Dengan memasang penyaring udara dalam mobil, zat sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2), gas yang berasal dari pembakaran bahan bakar kendaraan bisa tersaring. Pernapasan jadi tidak terganggu dan hidup pun lebih sehat.

WHO menyebutkan, populasi di dunia rata-rata 92 orang tinggal dan hidup di udara di ambang batas tidak sehat. Terutama di kota besar, polusi ada di lingkungan sekitar, yang tentu harus membuat Anda lebih waspada untuk mencegahnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini