nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Batuk, Ini 4 Efek Samping Sering Minum Es bagi Kesehatan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 04:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 13 481 1872160 selain-batuk-ini-4-efek-samping-sering-minum-es-bagi-kesehatan-cFXpIOe0zi.jpg Air es (Foto: Lifealth)

SIAPA yang tidak tergoda dengan air es ketika cuaca sedang panas terik? Minum air es bisa mengalahkan rasa haus, meredakan panas tubuh dan menghilangkan rasa lelah.

Karena itu, hampir semua orang suka minum air es saat cuaca panas dan terik. Tapi, tahukah Anda jika sering minum air es bisa menimbulkan efek samping?

Tidak hanya batuk ataupun sakit tenggorokan, sering minum air es bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan juga. Berikut efek samping sering minum air es bagi kesehatan yang dilansir Lifealth, Rabu (14/3/2018):

Masalah pernapasan

Jika Anda sering minum air es, maka mungkin menghadapi masalah pernapasan yang bisa menyebabkan hidung tersumbat. Kebiasaan ini juga menimbulkan banyak masalah pernapasan lainnya yang perlu diobati. Memang ketika hidung tersumbat, Anda bisa langsung minum air hangat atau sup agar saluran napas terbuka. Tapi, jika Anda minum air es setiap hari, maka itu bisa menimbulkan masalah yang lebih berat lagi.

Baca Juga: Lakukan Kunjungan, Kate Middleton dan Meghan Markle Kenakan Sepatu yang Sama?

Memicu migrain

Jika Anda menderita migrain atau infeksi sinus serius, maka seharusnya tidak sering minum air es. Minum air es dalam sebulan sekali juga bisa menyebabkan Anda sakit jika mengalami masalah tersebut. Bila Anda sering minum air es, maka akan membuat saluran hidung dan pernapasan tersumbat yang secara otomatis memicu sakit migrain.

Baca Juga: Blackcurrant, Buah Kaya akan 10 Manfaat Bagi Kesehatan

Membatasi penyerapan nutrisi

Suhu normal tubuh manusia berada di 37 derajat celsius. Jadi, saat Anda minum air kurang dari suhu ini, maka tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mengatur suhu. Selanjutnya, jika Anda minum air es sambil mengonsumsi makanan apapun, tubuh mulai bekerja untuk mengatur air. Tapi, tubuh tidak bisa bekerja pada nutrisi karena telah menyia-nyiakan energinya untuk mengatur air.

Pengaruhi denyut jantung

Saat Anda minum air es, maka itu membuat saraf vagus menjadi meningkat. Ketika saraf vagus menjadi meningkat dan super aktif, maka membuat denyut jantung berdetak sangat cepat yang bisa membahayakan kesehatan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini