nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bolehkah Wanita Olahraga saat Menstruasi?

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 19:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 13 481 1872169 bolehkah-wanita-olahraga-saat-menstruasi-mQocX4Fqb0.jpg Olahraga saat menstruasi (Foto: Boldsky)

MENSTRUASI merupakan hal yang dialami oleh semua wanita setiap bulannya. Selama masa menstruasi, wanita merasakan kurang bersemangat dan lebih memilih untuk mengurangi aktivitas di hari pertama. Hal ini dikarenakan rasa nyeri saat haid.

Tidak hanya itu, ketika sedang menstruasi pada umumnya wanita juga akan merasakan kesal, perubahan mood, cemas, nafsu makan bertambah dan sebagainya. Namun, ini merupakan hal wajar yang dialami oleh wanita.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat berolahraga selama menstruasi. Diketahui olahraga juga memiliki manfaat jika dilakukan ketika datang bulan. Berolahraga dapat mempengaruhi tingkat hormon. Meskipun ini bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilakukan, tetapi dapat membuat menstruasi Anda lancar dan teratur.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh jika berolahraga dengan cara yang tepat ketika menstruasi. Sebagaimana melansir Boldsky, Rabu (14/3/2018).

- Meningkatakan mood anda

- Dapat menghilangkan kelelahan dan sakit kepala

- Meringankan kram saat menstruasi dan meningkatkan sirkulasi darah

- Olahraga membuat Anda teratur dalam menstruasi

Zat endorphin pada tubuh dilepaskan selama olahraga yang berperan sebagai obat penghilang rasa sakit secara alami. Namun jika perut terasa nyeri, jangan terlalu dipaksakan, karena dengan begitu Anda hanya akan membahayakan diri sendiri.

Sementara itu olahraga yang dapat Anda lakukan adalah berjalan atau jogging selama beberapa menit. Selain itu latihan kardio ringan seperti peregangan tubuh dengan yoga yang dapat dilakukan di rumah. Sedangkan olahraga yang harus dihindari yaitu latihan intensif dan latihan di daerah perut. Selain itu hindari juga pose yoga dalam keadaan terbalik karena dapat menyebabkan aliran darah lebih banyak mengalir dan kram perut yang sangat menyakitkan.

Jadi berolahraga tidak akan menimbulkan luka. Olahraga ringan tidak membahayakan tubuh,. Namun yang Anda rasakan hanyalah rasa tidak nyaman karena takut bocor. Walaupun demikian masih banyak wanita yang lebih memilih berolahraga selama menstruasi. Salah satunya membantu mereka menghilangkan kram menstruasi yang sangat menyakitkan.

Jika Anda telah terbiasa berolahraga ketika menstruasi maka tetap kerjakan hal tersebut untuk memberikan energi pada tubuh dalam menjalani aktivitas dan menghilangkan stres.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini