nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Penting dari Jeda Sejenak saat Bekerja

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 08:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 196 1872352 manfaat-penting-dari-jeda-sejenak-saat-bekerja-Q5GqD9FoG0.jpg Ilustrasi (Foto: Videoblocks)

BEKERJA setiap hari, dari Senin hingga Jumat bahkan tidak sedikit juga yang tetap bekerja di hari libur seperti Sabtu dan Minggu, mulai dari pagi hingga malam hari memang jadi rutinitas sehari-hari yang mau tidak mau, harus dijalani oleh kebanyakan orang.

Namun, dalam menjalani pekerjaan sehari-hari banyak orang yang terkadang terlalu fokus untuk segera menyelesaikan pekerjaan atau tanggung jawab yang bertumpuk, sehingga akhirnya lupa untuk mengambil jeda atau rehat sebentar di tengah-tengah asyik bekerja.

Seperti penuturan Tara Adhisti de Thouars, BA, M.Psi selaku psikolog dewasa, bahwa sebenarnya mengambil jeda atau rehat sejenak dalam menjalani kesibukan sehari-hari itu penting, namun memang dalam kehidupan nyata banyak orang yang lupa.

"Saat tenggelam dalam tugas dan masalah sehari-hari, kita sering lupa untuk menarik diri dalam aktivitas tersebut untuk mengambil nafas. Ya, meskipun hal itu mungkin tidak segera memecahkan masalah, beristirahat sejenak saat kita merasa terbebani benar-benar akan membantu untuk bisa rileks, sehingga kita bisa dapat kembali menghadapi masalah," ungkap Tara saat ditemui Okezone, Selasa 13 Maret 2018 dalam acara bertajuk 'Ngobrol Bareng VIT-Peluncuran Identitas Baru VIT' di bilangan Jakarta Selatan.

Lalu sebetulnya apa sih yang menjadikan bahwa mengambil jeda atau rehat sebentar saat sedang bekerja sehari-hari itu penting dilakukan? Dalam persentasinya dalam kesempatan yang sama, Tara menjelaskan poin-poin mengapa jeda dalam bekerja itu penting.

Pertama ialah karena bisa meningkatkan kemampuan dalam membuat keputusan, sehingga keputusan apapun yang diambil jadi lebih beralasan dan objektif dan jelas. Lalu yang kedua adalah dengan mengambil jeda sejenak di saat tengah bekerja, bisa memunculkan pikiran kreatif dan ide-ide baru yang di mana situasi ini dinamakan "Aha moment", kemudian yang ketiga ialah meningkatkan motivasi karena setelah tubuh dan otak jeda (deactivate) lalu "dinyalakan" kembali, akan timbul motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Kemudian yang terakhir, penting untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Seperti yang dikatakan oleh Tara, dalam mengambil jeda sejenak ini sebetulnya bisa dilakukan dengan hal-hal yang simpel alias sederhana.

"Tidak perlu melakukan sesuatu yang besar dan menyita waktu kok. Hal-hal sederhana, sesederhana menenggak beberapa teguk air minum, relaksasi, mengemil, hingga olahraga singkat cukup untuk membantu menenangkan diri ketika kita merasa terbebani. Sehingga pikiran dan emosi kita dapat berfungsi lebih baik untuk melanjutkan tugas sehari-hari. Itulah jeda yang membebaskan," tandasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini