nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kutipan Stephen Hawking Semasa Hidupnya yang Menginspirasi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 14:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 14 196 1872625 kutipan-stephen-hawking-semasa-hidupnya-yang-menginspirasi-PhqsF10lGD.jpg Quotes Stephen Hawking (Foto: The Daily Sheepe)

STEPHEN Hawking menghembuskan napas diusianya ke-76 tahun. Meskipun harus menghabiskan sisa umurnya di kursi roda, dan mengidap penyakit motor neuron (ALS), tapi sosok jenius, penulis, dan ilmuwan tersebut berhasil menginspirasi para penggemarnya.

Lewat buku- buku dan karyanya Stephen akan selalu dikenang oleh dunia, khususnya para penggemar. Selain banyak buku yang dikarang, ia juga pernah mengatakan dan menuliskan kalimat-kalimat yang luar biasa menginspirasi, dan seakan jadi pengingat bagi manusia. Dikutip dari laman Lifehack, Rabu (14/3/2018), berikut deretan kutipan Stephen Hawking yang menginspirasi dan akan selalu terkenang.

1. I have noticed that even people who claim everything is predetermined and that we can do nothing to change it, look before they cross the road

Artinya, saya telah perhatikan, orang-orang mengakui semua hal telah ditentukan sebelumnya dan mengatakan kita tidak dapat melakukan apapun untuk mengubahnya, lihat sebelum mereka menyeberang jalan. Ya, dari kalimat ini kita bisa lihat Stephen seakan menganggap, ‘untuk apa melihat kanan dan kiri sebelum menyeberang jalan, jika semuanya telah ditentukan dan kita tidak dapat mengubahnya?’ sebab, tidak semua hal tidak bisa diubah, tapi ada beberapa hal yang masih bisa diubah jika ada upaya dari manusia itu sendiri.

2. My advice to other disabled people would be, concentrate on things your disability doesn’t prevent you doping well, and don’t regret the things it interferes with. Don’t disabled in spirit, as well as physically

Artinya, saran saya kepada orang-orang cacat lainnya, konsentrasilah pada hal yang bisa Anda lakukan dengan baik, kecacatan tidak menghalangi Anda, dan jangan menyesali yang mengganggu. Jangan cacat dalam semangat juga fisik. Dalam kalimat ini, Stephen seakan mengingatkan pada orang-orang yang juga berkebutuhan khusus untuk tidak menyesali keadaan dan kecacatannya, dan harus tetap bersemangat, jangan sampai sudah cacat fisik, cacat semangat pula.

3. Try to make sense of what you see and wonder about what makes the universe exist. Be curious and however difficult life may seem, there is always something you can do and succeed at. It matters that you don’t just Gide up

Artinya, cobalah memahami apa yang Anda lihat dan pikirkan tentang hal yang membuat alam semesta ada. Jadilah orang yang selalu ingin tahu dan betapapun sulitnya hidup, selalu ada sesuatu yang bisa Anda lakukan, dan sukseslah. Itu penting agar Anda tidak menyerah begitu saja. Kutipan Stephen Hawking yang satu ini sungguh membuat penggemarnya kian mengidolakannya, sebab dalam keadaannya yang harus melawan penyakit dan menghabiskan waktu di kursi roda, dia tetap memiliki semangat yang luar biasa membara.

4. We are in danger of destroying ourselves by our greed and stupidity. We cannot remain looking inwards at ourselvers on a small and increasingly polluted and overcrowded planet

Artinya, kita sedang berada dalam bahaya yang bisa menghancurkan kita karena keserakahan dan kebodohan. Kita tidak bisa hanya melihat ke dalam diri kita sendiri di sebuah planet kecil, semakin tercemar, dan penuh sesak ini. Stephen Hawking mengingatkan orang-orang agar tidak egois dalam menjalani kehidupan karena masih ada masyarakat lain yang juga hidup di bumi, sehingga kehadirannya pun perlu dipikirkan, salah satunya dengan menjaga kebersihan, menjaga kelestarian bumi, dan tidak membuang sampah sembarangan.

5. One, remember to look up at the stars and not down at your feet. Two, never give up work. Work gives you meaning and purpose, and life is empty without it. Three, if you are lucky enough to find love, remember it is three and don’t throw it away

Artinya, satu, ingatlah untuk memandangi bintang-bintang dan jangan terpuruk. Dua, jangan menyerah dalam bekerja. Bekerja memberikan mu makna dan tujuan, dan hidup akan hampa tanpanya. Tiga, jika Anda cukup beruntung untuk menemukan cinta, ingatlah keberadaannya dan jangan menyia-nyiakannya. Dalam kalimat-kalimat ini, Stephen menunjukkan dirinya seorang yang selalu bersyukur, semangat, pekerja keras, dan setia. Ia mengingatkan orang-orang agar selalu bersyukur, optimis, bersemangat, bekerja keras dan tidak pernah menyerah, juga setia menjaga cinta dan orang yang mencintai.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini