Mengenal Elaine Mason, Sosok Mantan Istri Kedua Stephen Hawking yang Kontroversial

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 14 196 1872792 mengenal-elaine-mason-sosok-mantan-istri-kedua-stephen-hawking-yang-kontroversial-W95tI3NiE5.jpg Elaine Mason dan Stephen Hawking menikah pada 1995 (Foto: Reuters)

TEPAT hari ini, Rabu 14 Maret 2018, dunia science telah kehilangan salah satu sosok paling terkenal, dengan meninggalnya fisikawan dunia, Stephen Hawking.

Stephen yang hari ini meninggal di usia 76 tahun, secara pribadi adalah sosok pria yang telah menikah dua kali. Di mana sosok sang mantan istri yang kedua, Elaine Mason cukup ramai diperbincangkan oleh media dan publik karena kontroversi yang mengikutinya.

Lalu sebetulnya siapakah sosok Elaine Mason ini? Melansir Thesun, Rabu (14/3/2018), Elaine adalah seorang wanita berkebangsaan Inggris, yang dulunya adalah merupakan suster pribadi Stephen. Sebelum bekerja dan menikah dengan Stephen, Elaine diketahui pernah bekerja di sebuah panti asuhan di Bangladesh. Ia juga disebutkan pernah menikah dengan David Mason, suami pertamanya, yang merupakan seorang insinyur dan juga seseorang yang membantu untuk mengembangkan speech synthesiser Stephen.

 (Baca Juga: Semasa Hidupnya, Stephen Hawking Peduli Terhadap Isu Kesehatan)

Tahun 1980-an menjadi waktu pertama pertemuan antara Stephen dengan Elaine, ketika Elaine memutuskan untuk menjadi perawat dan pengasuh Stephen. Sewaktu dirawat oleh Elaine, Stephen kala itu masih berstatus menikah dengan mantan istri pertamanya, Jane. Namun seiring waktu berjalan, Elaine dan Stephen semakin dekat dan akhirnya saling jatuh cinta, hingga di titik Elaine yang kala itu juga masih menikah dengan David, memutuskan untuk meninggalkan David dan dua putra mereka hasil pernikahan selama 15 tahun untuk bisa hidup bersama dengan Stephen.

Memutuskan untuk berpisah dengan sang pasangan resmi, Jane juga jadi keputusan yang diambil oleh Stephen. Kemudian Elaine dan Stephen diketahui memutuskan untuk menikah pada 1995 di Cambridge Register Office. Pernikahan keduanya sendiri, menuai banyak kritik di mana banyak yang menilai bahwa Elaine menikahi Stephen hanya demi harta alias demi uangnya semata. Namun tuduhan ini selalu dibantah oleh Elaine.

  (Baca Juga: 18 Fakta Stephen Hawking, Fisikawan Pencetus Teori Terciptanya Alam Semesta)

Namun pada akhirnya takdir berkata lain, pada 2006 silam, keduanya memutuskan untuk bercerai setelah membina biduk rumah tangga selama kurang lebih 11 tahun lamanya. Alasan perceraian ini masih tidak jelas hingga sekarang. Akan tetapi rumor yang beredar kala itu, menyebutkan bahwa Stephen telah berselingkuh dari Elaine dengan perawatnya yang lain. Ttetapi tuduhan tersebut disangkal oleh sekretaris Stephen, Judith Croasdell.

Selama 11 tahun pernikahan Elaine dengan Stephen, sederet rumor negatif membayangi sosok Elaine. Elaine berulang kali dituduh menyakiti Stephen secara fisik dan emosional, bahkan beberapa orang mengklaim bahwa Elaine telah memperlakukan serta mengontrol Stephen secara manipulatif. Hingga akhirnya secara resmi, Elaine bahkan diperiksa, melalui proses investigasi oleh pihak kepolisian menyangkut tuduhan tersebut.

Akan tetapi, kala itu Stephen sendiri menyangkal klaim tuduhan tersebut, walaupun muncul di hadapan publik pada tahun 2000 dengan goresan dan lebam-lebam luka yang tidak bisa ia jelaskan. Hingga akhirnya tiga tahun kemudian, putri Stephen dari mantan istri pertamanya, yakni Lucy melaporkan kepada polisi karena merasa khawatir ayahnya telah dianiaya.

Berikut 5 tuduhan yang ditujukan kepada Elaine menyangkut perlakuannya kepada Stephen.

1. Mematahkan pergelangan tangan Stephen dengan cara membanting Stephen di kursi rodanya.

2. Mempermalukan Stephen di muka publik, dengan menolak mengambilkan akses botol kantung urin, sehingga akhirnya Stephen menjadi basah karena buang air kecil di celana.

3. Memukul pipi Stephen dengan pisau cukur.

 (Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh 'Motor Neuron', Penyakit yang Diidap Ilmuwan Stephen Hawking Sebelum Meninggal Dunia)

4. Membiarkan Stephen tergelincir ke dalam air ketika sedang mandi, sehingga air masuk ke dalam ke tempat trakeosomi di tenggorokannya.

5. Meninggalkan Stephen sendirian di kebun pada saat hari terpanas dalam setahun begitu lama, sehingga Stephen merasa tersengat panas dan terbakar sinar matahari.

Namun, terlepas dari penyelidikan ekstensif yang telah dilakukan oleh petugas kepolisian, Elaine sendiri hingga berita ini dilansir, disebutkan tidak pernah dituntut atas melakukan tindakan kejahatan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini