nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Termasuk Orang Jenius, IQ Stephen Hawking Mendekati Albert Einstein

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 00:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 196 1872893 termasuk-orang-jenius-iq-stephen-hawking-mendekati-albert-einstein-UBoRyDYnua.jpg Stephen Hawking (Foto: Scienceabc)

PEMEGANG IQ (Intelegence Quotient) tertinggi di dunia memang bukan Stephen Hawking. Namun, nama pria jenius ini termasuk dalam 10 besar orang-orang yang memiliki IQ tertinggi dunia.

Stephen Hawking sendiri berada di antara Elbert Einstein dan Judit Polgar, yang masing-masing memiliki IQ 160 hingga 190. Sementara IQ Hawking berada pada angka 160, melansir dari laman Science ABC, Kamis (15/3/2018).

Di sisi lain pemilik IQ tertinggi di dunia alias si nomor satu dipegang oleh William James Sidis, dengan skor IQ yang dimilikinya di antara 250 hingga 300. Kembali pada kecerdasan yang dimiliki Hawking, menurut sumber yang sama mengatakan, IQ seseorang yang berada pada angka 145 atau lebih, maka sudah termasuk dalam golongan orang yang jenius, dan tentu saja Hawking termasuk di dalamnya!

Namun, di balik tes IQ yang dilakukan, ternyata bisa terjadi pula hasil tes belum tentu sama akuratnya dengan kecerdasan yang dimiliki seseorang. Pasalnya, dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang memiliki skor IQ teratas, nyatanya Hawking tetap bisa tampil memukau dan menyita perhatian masyarakat dunia dengan pemikiran dan buku-buku karangannya.

Masih dari sumber yang sama, Stephen Hawking dianggap sebagai salah satu pemikir terbesar di zaman ini. Ia merupakan seorang professor, penulis, dan fisikawan teoretis yang terkenal di dunia, sehingga seharusnya tidak perlu lagi mengenalkan biodata Hawking pada setiap artikel.

Dalam salah satu bukunya yang terkenal berjudul A Brief History of Time, yang telah terjual lebih dari 10 juta salinan di seluruh dunia, Hawking berhasil membuat masyarakat dunia memalingkan perhatian ke arahnya. Akibat banyak kutipannya yang kontroversi juga, Hawking sampai saat ini masih dijadi pusat perhatian para ilmuwan, peneliti, dan orang-orang yang bergelut dalam bidang akademisi, termasuk penggemarnya.

Selain itu, sosok Hawking juga dianggap sebagai simbol dari ilmu pengetahuan, kecerdasan, dan contoh salah satu pengidap disabilitas yang selalu bersemangat menjalani hidup. Hingga saat-saat terakhirnya di bumi, Hawking masih jadi pusat perhatian dan hampir setiap orang di dunia merasa kehilangan serta mencari tahu sosok Stephen Hawking dan kesehariannya bersama keluarga semasa hidup.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini