Kaesang Pangarep Beberkan Tantangan Berbisnis di Dunia Kuliner

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 08:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 14 298 1872364 kaesang-pangarep-beberkan-tantangan-berbisnis-di-dunia-kuliner-NbwXHAUjHA.jpg Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep (Foto: Pradita/Okezone)

MENGIKUTI jejak terdahulu sang kakak sulung, Gibran Rakabuming yang sukses dengan usaha di bidang kulinernya dengan menjajakan hidangan martabak yang diberi nama 'Markobar' sejak 2015 silam, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep kini juga telah menjadi foodpreneur. Ia membuka bisnis yang mengusung olahan pisang goreng dengan tampilan dibuat seperti nugget dan berbagai aneka topping dengan nama Sang Pisang.

Masih muda dan baru memulai peran sebagai pengusaha di bidang kuliner dan bisa dibilang sudah cukup sukses dengan catatan sudah adanya kurang lebih 10 cabang Sang Pisang, Kaesang mengaku sama seperti pengusaha lain, dirinya juga merasakan ada tantangan dalam menjalani bisnis di dunia kuliner ini.

 (Baca Juga: Lobster Khas Papua Unjuk Gigi di Festival Internasional Gastronomi Prancis Good France 2018)

Lalu apa sih sebenarnya tantangan yang dirasakan oleh Kaesang dalam berbisnis kuliner olahan pisang ini?

"Tantangan berbisnis kuliner sekarang ini? Kompetitor semakin banyak, tapi menurut saya kompetitor yang semakin banyak ini adalah sesuatu yang menurut saya asyik. Semakin banyak semakin asyik. Kenapa? Karena membuat saya semakin terpacu," aku Kaesang saat ditemui belum lama ini di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Selain pesaing yang semakin banyak, tantangan lain yang dirasakan oleh Kaesang dalam menjalani peran sebagai seorang foodpreneur ialah tantangan dalam hal inovasi.

"Kemudian yang kedua menurut saya sih tantangannya kita itu harus berinovasi terus. Sebetulnya bukan dalam bisnis kuliner saja, tapi semua bidang bisnis juga harus berinovasi," imbuhnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kaesang juga membeberkan salah satu alasannya mengapa ia memilih untuk menjual olahan pisang ketimbang makanan yang lain.

"Pisang itu kan mendapatkannya gampang di mana saja. Bisa dari Lampung, bisa Pontianak juga, ya bisa didapatkan gampang lewat petani-petani lokal. Inilah saya rasa alasan kenapa pilih jualannya olahan pisang," ucap Kaesang.

(Baca Juga: 

Pencinta Keju Wajib Kunjungi 5 Negara Penghasil Keju Terbaik Ini
Pencinta Keju Wajib Kunjungi 5 Negara Penghasil Keju Terbaik Ini)

Terakhir, untuk para anak muda yang baru ingin berniat mencoba berbisnis, membuka usaha sendiri mengikuti jejak dirinya, Kaesang hanya menyarankan satu saran singkat.

"Satu saran dari saya, berani mulai. Itu saja satu dari saya," tutupnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini