nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Untuk Makan Malam, Jajal Bikin Mashed Potato atau Kari Ayam, Makanan Favorit Stephen Hawking

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 18:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 298 1872778 untuk-makan-malam-jajal-bikin-mashed-potato-atau-kari-ayam-makanan-favorit-stephen-hawking-a7w860bCS7.jpg Mashed potato, makanan favorit Stephen Hawking (Foto:Ilustrasi/Ist)

TOKOH jenius sekaligus fisikawan Stephen Hawking meninggal dunia di usia 76 tahun. Kabar duka ini telah dikonfirmasi pihak keluarga yang menyatakan Hawking menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu dini hari tadi.

Ia dikabarkan mengalami komplikasi akibat ‘amyotrophic lateral sklerosis’ yakni, penyakit neurodegeneratif progresif. Penyakit tersebut telah dideritanya sejak tahun 1963, tepatnya ketika ia berusia 21 tahun. Pihak dokter bahkan sempat memvonis Hawking bahwa ia hanya mampu bertahan hidup selama kurang lebih 2 tahun.

Mantan istri mendiang Stephen Hawking, Jane Hawking dalam bukunya “Traveling to Infinity” mengungkapkan, Stephen sangat menyukai beberapa jenis comfort food yang juga sering kita konsumsi setiap hari. Salah satunya adalah mashed potato. Anak perempuannya, Lucy juga sempat mengungkapkan bahwa ayahnya itu juga sangat suka menyantap olahan kari ayam bercita rasa pedas.

Untuk mengenang sosok jenius yang terkenal melalui teori alam semesta, berikut Okezone rangkumkan 2 resep makanan favorit Hawking semasa hidupnya. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Rabu (14/3/2018).

 BACA JUGA:

Kutipan Stephen Hawking Semasa Hidupnya yang Menginspirasi

 

Garlic Mashed Potato

Bahan-Bahan

1,3 kg kentang, kupas, potong dadu

6 siung bawang putih

½ cup susu rendah lemak

1 sdm margarin

 

Cara membuat

1. Rebus kentang hingga lunak, angkat dan tiriskan. Rebus bawang putih hingga empuk, angkat;

2. Haluskan kentang dan bawang putih menggunakan food processor hingga lembut. Tambahkan susu dan proses kembali hingga rata;

3. Tambahkan margarin, aduk dengan cepat. Sajikan dengan taburan lada hitam dan parsley cincang untuk menu sarapan.

Kari Ayam Spesial

Bahan- Bahan

4bh paha Ayam

4bh dada ayam

2bh bawang merah, potong menjadi irisan

2 siung bawang putih, hancur

1sdm jahe, parut halus

1sdm sereh

2sdt jintan

1sdt ketumbar

1sdt bubuk kunyit

1sdt kapulaga

1sdt cabe kering serpih

1bh batang kayu manis

400g santan kelapa

375ml kaldu ayam

1 sdm gula merah

1 sdm kecap ikan

1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat

1. Panaskan panci besar dengan api sedang. Rebus ayam, selama 2 menit setiap sisi atau sampai keemasan. Lalu pindahkan ke piring;

2. Siapkan penggorengan untuk memasak, tambahkan bawang goreng lalu aduk, selama 2 menit atau sampai bawang terlihat kecoklatan . Lalu kembali mSak bawang putih, jahe, serai, jinten, ketumbar, kunyit, kapulaga, cabai, kayu manis Masak selama 1 menit atau sampai harum;

3. Siapkan panci untuk memasak. Dengan menambahkan santan dan kaldu ayam dan bumbu yang telah digoreng bersama ayam yang telah direbus . Tutup bagian panci selama 1 1/2 jam atau sampai ayam sangat empuk dan saus sedikit mengental. Masukkan gula, saus ikan dan air jeruk nipis untuk menambahkan rasa. Kari Ayam pun siap jadi menu keluarga spesial.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini