nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Keluarga Kerajaan Inggris Menyantap Scone, Oles Krim atau Selai Dulu?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 09:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 298 1872899 cara-keluarga-kerajaan-inggris-menyantap-scone-oles-krim-atau-selai-dulu-kBmNtRjVMU.jpg Ratu Elizabeth II memegang scone (Foto: Hellomagazine)

SOAL makan dan sesuatu yang menyangkut seputar makanan, adalah hal yang sangat personal. Maka dari itu, setiap orang atau juga setiap keluarga memiliki kebiasaan atau cara makan tersendiri.

Di mana, setiap kebiasaan soal makan ini, sejatinya tidak bisa dikategorikan mana yang benar dan mana yang salah. Seperti halnya juga keluarga Kerajaan Inggris, yang ternyata memiliki kebiasaan tersendiri dalam menyantap hidangan scone.

Hidangan scone ini sendiri disantap bersama dua hidangan pendamping lainnya, yakni selai dan krim. Lalu, dari banyak cara memakan scone yang diperdebatkan, sebetulnya cara menyantap scone seperti apa yang diterapkan dalam keluarga Kerajaan Inggris?

 (Baca Juga: Rekomendasi Nasi Merah Goreng untuk Sarapan, Praktis & Sehat)

Menjawab hal ini, mantan juru masak Istana, Darren McGrady yang pernah bekerja untuk Ratu Elizabeth II selama kurang lebih sebelas tahun, dan juga pernah bekerja untuk mendiang Putri Diana, tidak segan-segan mengungkapkan cara makan scone dari keluarga Kerajaan Inggris ini.

Sebagaimana diwarta Hellomagazine, Kamis (15/3/2018) melalui sesi tanya jawab di laman akun Twitter-nya, Darren mengungkapkan bahwa keluarga kerajaan dalam menyantap hidangan scone, memakai cara yakni mengoleskan selai duluan terlebih dahulu baru diikuti dengan membubuhkan krim yang menggumpal.

Selai dahulu atau gumpalan krim dahulu? Selai dahulu di pesta Istana Buckingham,” tulis Darren.

Secara tradisional, metode Cornish di atas menyebutkan dalam menyantap scone ini, pertama-tama scone dibelah dibuka menjadi dua bagian, lalu setelah itu sebagai olesan pertama oleskan selai ke dalamnya, barulah tambahkan satu sendok krim yang menggumpal. Metode makan scone dengan cara ini adalah cara yang biasa dipakai di London, yang di mana menjadi penjelasan kenapa metode Cornish ini juga diterapkan keluarga Kerajaan Inggris di Istana Buckingham.

  (Baca Juga: Resep Memasak Entil, Ketupat Khas Tabanan yang Super Gurih)

Selain metode Cornish, ada juga yang disebutkan dengan metode Devonshire yang kontras dengan metode Cornish, yakni memotong membelah scone jadi dua bagian, namun menutupi hampir setengah masing-masing bagian dengan olesan krim menggumpal terlebih dahulu baru kemudian diolesi dengan selain. Cara ini biasanya dipakai di negara-negara tetangga Inggris.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini