nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sampuran Aek Malakkut, Air Terjun Perawan yang Tebingnya Berukir Eksotis

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 09:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 406 1872363 sampuran-aek-malakkut-air-terjun-perawan-yang-tebingnya-berukir-eksotis-LCz9Qxu5Zz.jpg Air Terjun Sampuran Aek Malakkut (Foto: ardiansihombing/Instagram)

MENEMUKAN air terjun yang masih perawan di Indonesia cukup mudah. Pasalnya, banyak daerah di Indonesia yang memiliki kawasan gunung atau pegunungan, yang beberapa di antaranya memiliki sumber mata air terjun.

Salah satu provinsi yang memiliki objek wisata alam masih perawan tersebut ialah Sumatera Utara. Berada di Desa Marancar, Tapanuli Selatan, Sampuran Aek Malakkut menjadi air terjun cukup unik yang dimiliki warga Sumatera Utara dan Indonesia. Pasalnya, air terjun yang masih memiliki alam yang asri dan natural ini, turun dari tebing yang istimewa tampilannya, sebab tebing tersebut nampak seperti diukir, tidak sekadar datar seperti tebing air terjun pada umumnya.

Keistimewaan lainnya yang dimiliki Sampuran Aek Malakkut, air terjun ini memiliki air yang jernih dan bersih, serta terasa segar ketika menjamah kulit. Bebatuan yang terdapat di sekitarnya membuat suasana yang tercipta menjadi semakin alami dan bisa dijadikan pijakan atau tempat duduk sambil bersantai merendam kaki menikmati pancuran air terjun.

Lingkungan air terjun yang masih cukup hijau, jauh dari keramaian juga bisa jadi tempat yang sempurna bagi traveler untuk menghilangkan kepenatan dan sejenak menjauh dari rutinitas pekerjaan. Bila berkunjung ke air terjun Sampuran Aek Malakkut, jangan lupa untuk membawa kamera sport yang anti air dan jenis kamera lainnya untuk mengabadikan momen ketika melakukan kegiatan di sekitar air terjun yang cantik dan masih perawan ini.

Akan tetapi, untuk bisa sampai dan menikmati keperawanan Sampuran Aek Malakkut, Anda harus terlebih dahulu melakukan perjuangan melintasi hutan berjalan kaki. Ingat, untuk mendapatkan keindahan maka harus ada yang dilakukan terlebih dahulu, tidak bisa langsung terwujud.

Nah, dalam hal ini yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, yakni trekking melewati hutan rimbun sekira dua jam, yang sekaligus membuat air terjun jarang diketahui oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk itu, agar bisa tepat waktu mencapai air terjun, sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu wisata dari penduduk sekitar atau mengajak teman yang sudah lebih dulu berkunjung, karena ketika menuju ke air terjun, Anda tidak akan menemukan petunjuk jalan dan harus menembus hutan, dan kemungkinan tersesat cukup tinggi.

Tapi, para traveler tidak perlu khawatir, karena pemandangan yang dimiliki Sampuran Aak Malakkut bisa membayar perjuangan yang telah dilakukan itu. Bahkan, Anda juga bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati harmoni alam yang tersedia. Suara gemuruh air terjun hingga suara aliran air menuju ke sungai, mampu memberikan efek rileks, yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini