nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggapan Travel Blogger Terkait Aturan Membawa Powerbank di Pesawat

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 16:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 406 1872645 tanggapan-travel-blogger-terkait-aturan-membawa-powerbank-di-pesawat-WbWsEP7I9N.jpg Febrian (Foto: _febrian/Instagram)

KEMENTERIAN Perhubungan baru-baru ini mengeluarkan aturan mengenai pengisi daya portabel atau powerbank. Masyakarat yang hendak membawa powerbank pada saat naik pesawat terbang harus memerhatikan dayanya. Sebab hanya powerbank berkapasitas maksimal 27.000 mAH yang diizinkan untuk dibawa.

Dikeluarkannya aturan tersebut berkaitan dengan peristiwa yang baru-baru ini terjadi di China. Sebuah ledakan terjadi di kabin pesawat China Southern Airlines saat hendak lepas landas dari Bandara Internasional Baiyun Guangzhou. Ledakan diduga berasal dari powerbank yang dibawa penumpang pesawat dan menyebabkan beberapa bagian pesawat dilalap api.

 (Baca Juga: Komplek 'Kuburan' Ini Ternyata Rumah Anti Kiamat, Penasaran Bagian Dalamnya?)

Sebagaimana diketahui, powerbank kini merupakan perangkat yang lumrah untuk dibawa ke mana saja. Pasalnya perangkat tersebut sangat berguna di kala daya baterai ponsel atau gadget lain habis sementara ada hal penting yang harus diurus. Selain itu, orang-orang yang senang bepergian dan membagikan cerita mereka di media sosial juga biasanya membawa powerbank agar 'tidak basi' jika daya baterai ponselnya habis.

Lantas, apakah aturan terkait powerbank ini memengaruhi aktivitas para wisatawan? Menurut seorang travel blogger, Febrian, aturan tersebut sebenarnya tidak masalah.

"Aku menilai aturan ini enggak apa-apa banget karena juga kan untuk keamanan semua penumpang pesawatnya. Jadi normal-normal aja menurut aku sih. Untuk larangan ini bukan cuma berlaku di Indonesia aja," tutur pemilik akun Instagram @_febrian itu melalui pesan suara saat dihubungi Okezone, Selasa, 13 Maret 2018.

Pria yang gemar menuliskan perjalanan wisatanya di situs www.ceritafebrian.com itu ternyata juga memiliki pengalaman dengan aturan membawa powerbank saat bepergian dengan pesawat terbang.

  (Baca Juga: Candi Muara Takus, Destinasi Wisata Sekaligus Tempat Berlabuh Biksu Mancanegara)

"Sekitar satu tahun yang lalu aku pernah juga di Bangkok enggak boleh naik pesawat dengan powerbank yang enggak ada tulisannya. Di sana bahkan maksimum powerbank cuma 25.000 mAH," tutur Febrian.

Ya, sejumlah negara memang sudah memiliki aturan masing-masing mengenai powerbank sehingga bisa dikatakan hal ini sudah berlaku secara internasional. Febrian pun memberikan tips bagi para wisatawan yang hendak melakukan perjalanan sambil membawa powerbank.

"Powerbank 10.000 mAH itu pada umumnya udah gede banget. Untuk menyiasati aturan tersebut kayaknya bawa colokan aja yang banyak kaya kepala tiga atau apapun jadi bisa ngecas di manapun," ungkapnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini