nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaluku Nangka, Air Terjun Jarang Terjamah di Kabupaten Pasangkayu

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 16:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 406 1872698 kaluku-nangka-air-terjun-jarang-terjamah-di-kabupaten-pasangkayu-zMRLp2f3LU.jpg Air Terjun Kaluku Nangka di Pasangkayu (Foto: dewy_fly/Instagram)

PASANGKAYU merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Barat. Kabupaten yang masih cukup asing terdengar di kalangan traveler ini jarang menjadi incaran tujuan wisata atau berlibur. Padahal, Pasangkayu memiliki beragam wisata, mulai dari pantai hingga air terjun.

Salah satu objek wisata yang dimiliki Kabupaten Pasangkayu ialah Air Terjun Kaluku Nangka, yang bisa dibilang masih perawan. Pasalnya, lebih sering dikunjungi oleh penduduk setempat atau wisatawan yang masih tinggal di Provinsi Sulawesi Barat, daripada wisatawan yang berasal dari luar provinsi.

 (Baca Juga: Mengintip Pemandian Air Panas ala Onsen Jepang di Tabanan Bali)

Air terjun yang berada di Desa Kaluku Nangka, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat ini cukup membuat Anda sedikit berjuang terlebih dahulu sebelum bisa menjamah alam dan terpukau akan pesonanya. Wisatawan harus menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi dan melewati jalan yang cukup sempit, hingga jalan kaki di jalan setapak sejak turun dan memarkirkan kendaraan.

Para wisatawan harus berjalan kaki selama 45 menit untuk bisa merasakan kesegaran air terjun Kaluku Nangka. Jalur trekking cukup menantang, karena banyak bebatuan, dan harus menembus hutan yang masih cukup rindang.

 

(Foto: Tabe' Tube TV/Youtube)

Namun, setibanya di air terjun Kaluku Nangka, rasa lelah dan penat sekejap langsung sirna, karena lingkungan air terjun masih alami, asri, dan pepohonan sempurna meneduhkan sinar matahari, hingga tidak terasa panas. Bahkan, terik matahari berganti jadi sejuk dan segar ketika Anda berendam dan berada di bawah air terjun.

  (Baca Juga: Muara Takus, Candi Tertua di Sumatera Kini Ramai Dikunjungi Wisatawan)

Penduduk setempat yakin, pancuran air terjun Kaluku Nangka bisa dijadikan pengobatan alternatif, untuk pijat refleksi alami. Selain itu, bersantai di sekitar air terjun juga bisa menenangkan jiwa Anda, efek dari suara derasnya air yang jatuh dari atas tebing dan aliran sungai kecil yang menyusup di antara bebatuan besar.

Waktu yang terbaik untuk bermain dan menjamah air terjun perawan ini ialah saat curah debit air cukup besar, agar sensasi sejuk dan segar dari air terjun semakin terasa. Pasalnya, debit air terjun bisa mengecil ketika curah hujan berkurang. Destinasi air terjun yang masih jarang dijamah ini tentu bisa menjadi objek wisata unggulkan Pasangkayu, jika pemerintah daerah mampu mempromosikan dan tetap menjaga kelestarian serta keasriannya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini