nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Air Terjun Terbesar di Dunia dan Pesonanya, Juga 10 di Tanah Air

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 19:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 406 1872793 10-air-terjun-terbesar-di-dunia-dan-pesonanya-juga-10-di-tanah-air-3OQNz5IbGW.jpg Wisata air terjun di dunia dan tanah air (Foto:Koransindo)

SALAH  satu destinasi wisata yang banyak membetot perhatian para penyuka travelling adalah wisata air terjun. Bukan keindahannya saja yang diburu namun lebih dari itu fenomena air air terjun disebut-sebut merupakan salah satu keajaiban alam.

Berikut ini adalah 10 air terjun paling besar di dunia.

BACA JUGA:

Kaluku Nangka, Air Terjun Jarang Terjamah di Kabupaten Pasangkayu

IGUAZU (perbatasan Brasil-Argentina)

Salah satu keajaiban alam dunia, Iguaçu Falls terletak di perbatasan antara Brasil dan Argentina. Sistem air terjun terdiri dari 275 sungai Iguazu. Mayoritas air terjun tingginya sekitar 64 meter (210 kaki). Yang paling mengesankan dari deretan air terjun di Iguazu Falls adalah Devil's Throat yang berbentuk U, setinggi 82 meter (269 kaki), 150 meter (492 kaki) dan 700 meter (2300 kaki) air terjun yang panjang.

 

VICTORIA (perbatasan Zimbabwe-Zambia)

Victoria Falls atau air terjun Victoria yang ada di antara Zimbabwe serta Zambia ini memiliki tirai air terbesar di dunia. Airnya menggelontor ke dalam jurang sangat dalam, sehingga sungainya tampak hilang dalam lubang penuh kabut. Tingginya memang hanya 107 meter, namun lebarnya sekitar 1.708 meter. Tirai airnya tampak begitu menakjubkan terutama saat sungainya meninggi.

NIAGARA (perbatasan Kanada-Amerika Serikat)

Merupakan air terjun paling terkenal di dunia, The Falls terletak di antara kota kembar Air Terjun Niagara, Ontario, Kanada dan Air Terjun Niagara, New York Amerika Swerikat (AS). Niagara Falls sebenarnya adalah tiga air terjun berbeda yakni American Falls, Bridal Veil Falls dan Horseshoe Falls. Horseshoe Falls terletak di sisi Kanada sementara yang lainnya terletak di New York. Dengan lebih dari 14 juta pengunjung setiap tahunnya, air terjun Niagara merupakan salah satu objek wisata paling banyak dikunjungi di dunia.

KAIETEUR (Guyana)

Kaieteur Falls terletak di Sungai Potaro di tengah hutan hujan Guyana.Ini adalah salah satu air terjun paling kuat di dunia, rata-rata 663 meter kubik perdetik (23.400 kaki kubik per detik). Dengan ketinggian 226 meter (741 kaki) kira-kira lima kali lebih tinggi dari Air Terjun Niagara dan sekitar dua kali ketinggian Air Terjun Victoria.

NIL BIRU (Ethiopia)

Dikenal dengan sebutan Tis Issat ("air merokok") di Amharic, Air Terjun Nil Biru terletak di sungai Nil Biru di utara Ethiopia. Meski sebagian besar air sekarang dialihkan ke bendungan listrik, Nil Biru memiliki pemandangan indah dan salah satu tempat wisata paling terkenal di Ethiopia.

 

DETIAN (perbatasan China-Vietnam)

Air Terjun Detian terletak di perbatasan antara China dan Vietnam. Keberadaan air terjun Detian merupakan perbatasan terbesar keempat antar negara berupa air terjun setelah Niagara, Victoria dan Iguazu. Karena berbagai konflik perbatasan antara kedua negara, kawasan ini baru saja dibuka untuk pariwisata.

GULFOSS (Islandia)

Gullfoss ("Golden Falls") adalah air terjun ganda setinggi 32 meter di Sungai Putih (Hvítá). Ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Islandia. Aliran sungai dari hujan reguler dan limpasan glasial, terutama di musim panas, membuat volume terbesar air terjun ini turun di Eropa.

HUANGGUOSHU (China)

Dengan luas 77,8 meter (255 kaki) dan luas 101 meter (330 kaki), Huangguoshu adalah salah satu air terjun terbesar di Asia dan merupakan bagian dari 18 air terjun di daerah sekitarnya. Gua setinggi 134 meter (440 kaki) yang terbentuk secara alami di bagian belakang Huangguoshu memungkinkan pengunjung melihat air terjun dari jarak sangat dekat.

JOG (India)

Jog Falls yang diciptakan oleh Sungai Sharavathi dengan airnya jatuh dari ketinggian 253 meter (829 kaki) adalah air terjun tertinggi di India. Sebelum musim hujan Jog Falls hampir tidak bisa dikenali hanya dengan sepasang tetesan air yang menetes di tebing. Tapi selama musim hujan air terjun hidup dan bahkan melebihi Kaieteur Falls di Guyana dalam hal ketinggian dan volume.

ANGEL (Venezuela)

Angel Falls atau air terjun Angel di Taman Nasional Canaima, Venezuela tak hanya menjadi air terjun terbesar namun juga air terjun tertinggi. Ketinggiannya mencapai 970 meter. Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi air terjun Angel adalah pada Juni hingga Desember. Air terjun Angel termasuk destinasi wajib apabila kita berkesempatan mengunjungi Venezuela.

Air Terjun Poluler Di Indonesia

Madakaripura (Probolinggo)

Madakaripura merupakan salah satu air terjun terindah, tertinggi sekaligus paling sakral di Indonesia. Air terjun dengan ketinggian 200 meter ini berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo dan menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sigura Gura (Toba)

Air terjun yang berada di Kabupaten Toba, Sumatera Utara memiliki ketinggian mencapai 250 meter. Sigura gura mengalahkan air terjun Madakaripura yang sebelumnya paling tinggi yaitu 200 meter. Sumber air sigura gura berasal dari air Danau Toba, yang mengalir melalui sungai Asahan.

Dua Warna (Deliserdang)

Wisata air ini terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Untuk mencapai air terjun dua warna, dibutuhkan perjuangan yang cukup keras karena pengunjung harus berjalan menembus hutan yang rimbun sebelum mencapai lokasi air terjun. Medan perjalanannya pun cukup menyulitkan, mulai dari tanjakan, turunan, hingga jurang yang akan menguras stamina.

Grojogan Sewu (Karanganyar)


Grojogan Sewu merupakan bagian dari kawasan hutan yang letaknya berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya berada sekitar 27 kilometer sebelah timur dari Kota Karanganyar. Ada dua kategori aliran di Grojogan Sewu, pertama aliran induk dengan ketinggian 80 meter dan aliran yang cukup rendah namun memiliki ciri khas pancuran meluas dan memiliki cabang-cabang.

Saluopa (Poso)

Saluopa terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Lokasinya kurang lebih berjarak sekitar 12 km sebelah barat kota Tentena. Wisata air ini memiliki ketinggian 25 meter ini bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung lalu melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan.


Mursala (Tapanuli Tengah)


Terletak di Pulau Mursala di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air yang mengalir pada bebatuan granit berwarna hitam kemerahan lalu jatuh mengalir disela-sela tebing ke permukaan Samudra Hindia.

Sendang Gile (Lombok Utara)

Berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sendang gile masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Memiliki tinggi sekitar 31 meter dengan dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya, sedangkan pada tingkatan kedua, air meluncur jatuh membentuk kolam di bawahnya.

Benang Kelambu (Lombok Tengah)

Terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Benang Kelambu termasuk salah satu air terjun populer di Indonesia. Uniknya sumber airnya berasal dari air terjun lain di atasnya yakni Benang Stokel.

Sri Gethuk (Gunungkidul)


Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia, terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. Air terjun Sri Gethuk ini berada di tepi Sungai Oyo dan memiliki tiga sumber mata air yakni Kedung Poh, Ngandong, dan Ngumbul.

Tumpak Sewu (Lumajang)


Perawan, dan tersembunyi, mungkin dua kata ini tepat untuk menggambarkan air terjun Tumpak Sewu atau coban sewu di Lumajang, Jawa Timur ini. Wisata air ini terbilang baru karena sebelumnya masyarakat setempat menyembunyikan keberadaanya dengan alasan menghindari kerusakan alam.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini