nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Jaga Kebersihan Organ Intim saat Menstruasi untuk Cegah ISK

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 14:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 481 1872608 pentingnya-jaga-kebersihan-organ-intim-saat-menstruasi-untuk-cegah-isk-FHTCzBiY7W.jpg Ilustrasi (Foto: Curejoy)

MENJAGA kebersihan area kewanitaan di saat menstruasi penting dilakukan oleh kaum hawa. Sebab, daerah intim Anda sangat sensitif dengan penyebaran kuman saat datang bulan.

Pengetahuan akan menjaga kebersihan organ intim ini bisa dimulai sejak usia remaja. Anak perempuan yang baru menstruasi harus diajarkan cara menjaga area kewanitaan dengan tepat.

Akibatnya, organ intim mudah terserang penyakit dari sebaran kuman. Di saat menstruasi pula keseimbangan pH jadi terganggu.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Botefilia Budiman, SpOG KEER mengatakan, perempuan harus mengenal bagian-bagian organ reproduksi. Tak sekedar itu, Anda juga harus menjaganya supaya tidak mudah membuat kuman mudah berkembang biak.

"Kuman gampang berkembang biak di saat darah menstruasi. Ditambah pH vagina jadi asam dan cenderung disukai kuman. Dampaknya bisa memicu penyakit," ujar dr Botefilia saat Peluncuran Buku Saku Menstruasi oleh Betadine di SMP Negeri 115 Jakarta, kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).

Kalau pH asam terganggu, bakteri jahat bisa berkembang biak secara berlebihan. Kelembaban area organ intim juga memengaruhi kesehatan daerah kewanitaan yang cenderung sensitif.

Jika terpapar kuman, penyakit yang sering dialami oleh perempuan yakni infeksi saluran kemih (ISK). Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman beraktivitas.

Saat terkena ISK, kondisi tubuh menurun disertai dengan gejala yang menyakitkan. Rasanya perempuan jadi sulit buang air kecil atau anyang-anyangan, demam, juga terjadi rasa nyeri di bagian serviks yang berlebihan.

dr Botefilia menyebutkan, ISK rentan dialami oleh remaja perempuan karena dia tidak menjaga organ intim. Terlebih, di saat menstruasi mereka malas ganti pembalut, salah teknik mencuci organ intim, hingga sering menahan kencing akibat risih.

"Kalau sudah kena ISK, remaja perempuan juga jarang mengeluh pada orangtuanya. Paling tidak mereka hanya cerita kepada temannya, sehingga sering terlambat diobati," tambahnya.

Untuk mencegah ISK, dr Botefilia mengingatkan kepada setiap wanita, agar rajin menjaga kebersihan organ intim saat menstruasi. Berikut tipsnya yang dirangkum Okezone lebih lanjut.

1. Sering ganti pembalut bersih setiap 3-4 jam sekali. Jangan pernah menunda, sebab semakin lama tidak ganti pembalut kondisi vagina jadi lembab dan disenangi oleh kuman.

2. Saat membersihkan daerah kewanitaan, Anda harus cuci tangan pakai sabun. Jangan sampai organ intim terpapar kuman yang bisa membuat Anda terserang penyakit.

3. Di waktu mengganti pembalut, cuci area kewanitaan Anda dengan air mengalir. Ingat ya, jangan gunakan sabun karena bisa merusak pH normal.

4. Setelah mencuci organ intim, keringkan dengan tisu sekali buang. Jangan pakai handuk yang juga disenangi oleh kuman sebagai tempat untuk berkembang biak.

5. Pastikan pembalut yang Anda gunakan tidak rusak dan keadaannya bersih. Pasang dengan cara yang pas dan rekatkan sesuai posisinya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini