nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitos-Mitos Menstruasi yang Menjebak Wanita

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 20:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 481 1872690 mitos-mitos-menstruasi-yang-menjebak-wanita-VgROEg7k7j.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

MESKI zamannya sudah modern dengan selingan teknologi canggih, masyarakat Indonesia masih percaya mitos. Termasuk adanya mitos yang dipercaya selama menstruasi, padahal itu menjebak.

Pasti Anda pernah mendengar mitos yang berunsur larangan ketika sedang datang bulan. Misalnya, di saat menstruasi Anda tidak boleh melakukan potong kuku, tidak boleh dan keramas, hingga mitos lain yang menyebutkan bahwa Anda tidak boleh makan besar dan minum es.

Patahkan mitos-mitos itu Ladies, karena tidak ada kaitan risiko yang mengganggu saat menstruasi. Justru, Anda mengalami dampak buruk lainnya yang mengganggu kesehatan.

Anda harus mengenal banyak mitos itu yang seharusnya jangan lagi dipercaya. Educator dan Trainer dari Mundipharma dr Merry Sulasti membeberkan lewat ulasan berikut yang dirangkum Okezone, Rabu (14/3/2018).

Tidak boleh makan daging selama menstruasi

Mitos: Anda dilarang makan daging saat menstruasi, karena membuat bau darah lebih amis.

Faktanya: Makan daging tidak bikin darah amis sama sekali. Justru daging ayam, ikan atau sapi sangat dibutuhkan karena tinggi kandungan zat besi. Manfaatnya bisa menggantikan sel darah merah yang hilang.

Dilarang keramas

Mitos: Wanita yang keramas di saat menstruasi bisa membuat darah berhenti keluar. Padahal ini tidak ada kaitannya sama sekali.

Faktanya: Keramas dan mandi justru penting sekali, apalagi membersihkan daerah kewanitaan. Anda harus melawan kuman dan bakteri yang memicu penyakit, terutama di area organ intim.

Tidak boleh berenang

Mitos: Anda pasti sering mendengar bahwa ketika sedang menstruasi tidak boleh berenang. Darah menstruasi bisa berhenti mengalir setelahnya.

Faktanya: Selama Anda menggunakan pembalut yang nyaman dan tidak risih boleh-boleh saja berenang. Namun, risikonya cenderung mengakibatkan kontraksi otot berlebihan dan berenang jadi tidak nyaman saat itu.

Larangan minum air dingin

Mitos: Uniknya, selama menstruasi wanita malah tidak diperbolehkan minum air dingin. Karena dianggap menghambat aliran darah dan kram perut.

Faktanya: Tidak ada larangan atau studi yang menunjukkan bahwa Anda tidak boleh minum es. Minuman ini tidak menyebabkan efek kram atau gangguan lain sedikitpun.

Menstruasi dianggap sakit

Mitos: Orang dulu percaya jika Anda mengalami menstruasi organ reproduksi dianggap sakit.

Faktanya: Tidak demikian, justru menstruasi adalah satu tanda kesuburan dan normalnya hormon perempuan. Kalau sebaliknya, malah Anda mengalami gangguan kesehatan, hingga memicu infertilitas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini