nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Bahaya Jarang Ganti Pembalut saat Menstruasi dan Tips Mencegahnya!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 04:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 14 481 1872774 kenali-bahaya-jarang-ganti-pembalut-saat-menstruasi-dan-tips-mencegahnya-pww8Nv9mJd.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

WANITA pemalas akan mengabaikan kebersihan organ intim di saat menstruasi. Anda enggan untuk ganti pembalut, padahal ada risiko buruknya.

Ketahuilah, saat Anda malas untuk mengganti pembalut, risikonya bisa terserang penyakit dari infeksi kuman. Mikroorganisme itu akan membahayakan dan mudah berkembang biak di area intim.

Banyak hal yang harus dikenali ketika Anda malas ganti pembalut. Paling sering yakni memicu penyakit yang menyerang daerah serviks dan vagina.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Botefilia Budiman, SpOG KFER mengatakan, kebersihan organ intim jadi hal utama di saat menstruasi. Sejak pertama kali menstruasi, Anda harus menjaganya supaya tidak mengganggu fungsi organ intim.

"Wanita yang malas ganti pembalut risikonya bisa keputihan, infeksi saluran kemih akibat kuman, vagina jadi bau," papar dr Botefilia saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).

Meski sebenarnya alat resproduksi sudah punya sistem alami untuk mengatur kebersihannya, Anda tetap harus merawatnya dengan baik. Di saat menstruasi, kuman dan bakteri jahat akan mudah berkembang biak memengaruhi organ intim.

Begitu pula di saat menstruasi, pH vagina cenderung asam yang bisa memicu dampak buruk. Karena sensitif, risikonya besar menularkan penyakit dan gangguan buruk lainnya.

Maka, wanita harus sering menjaga kebersihan organ intim, terlebih jangan malas untuk ganti pembalut. Disarankan, setiap tiga sampai empat jam sekali Anda mengganti pembalut di mana saja.

"Namun banyak wanita yang abai dan malas, karena alasan toilet kotor atau tidak menemukan tempat bersih untuk ganti pembalut. Padahal jangan ditahan, semakin lama darah keluar dan lembab, kuman akan senang," tuturnya.

Dia juga memberikan tips kepada wanita supaya nyaman saat menstruasi. Ada juga cara tepat untuk mengganti pembalut supaya keadaannya tetap bersih. Lebih lanjut, simak ulasan tipsnya yang dirangkum Okezone sebagai berikut.

1. Catat ya, ganti pembalut ideal dilakukan setiap 3-4 jam sekali setiap hari. Kalau Anda membiarkan, daerah intim cepat lembab dan darah banyak keluar. Kuman jadi semakin senang berkembang biak dan mengakibatkan serangan penyakit.

2. Cuci dulu sekitar vagina Anda saat ganti pembalut. Selain menggunakan air mengalir, Anda juga bisa memakai antiseptik untuk membunuh kuman. Tapi jangan pakai sabun sebab bisa merusak keseimbangan pH.

3. Selain ganti pembalut, ganti juga celana dalam. Kuman dari darah bisa saja menempel dan ikut menyerang organ kewanitaan.

4. Jangan menahan buang air kecil karena alasan risih atau jijik. Sebab, kebiasaan buruk ini bisa memicu infeksi saluran kemih.

5. Pakai tisu saat mengeringkan area intim usai mencucinya. Tisu lebih aman dan sekali pakai dibuang, sehingga tak menularkan kuman. Berbeda halnya jika Anda menggunakan handuk, selain basah karena sudah dipakai, juga kondisinya tidak bersih.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini