nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Makanan yang Menyebabkan Peradangan dan Peningkatan Berat Badan

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 20:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 481 1872806 8-makanan-yang-menyebabkan-peradangan-dan-peningkatan-berat-badan-yVVAbVcqPM.jpg Dairy product (Foto: Financialtribune)

MENDAPATKAN tubuh langsing, ramping dan indah adalah keinginan semua orang. Berbagai cara dilakukan seperti diet, olahraga dan aktivitas lainnya. Hal yang tak kalah penting adalah hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak, keju, mentega, dan makanan yang manis.

Mengapa demikian? Karena makanan tersebut tanpa disadari dapat meningkatkan berat badan dan peradangan bagi tubuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut, apa saja jenis makanan tersebut? Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir dari Boldsky, Rabu (14/3/2018).

1. Produk susu

Susu, mentega, dan yogurt merupakan makanan yang menyehatkan namun selain sehat hal tersebut juga termasuk makanan yang merangsang naiknya berat badan. Adanya kandungan lemak dan protein membuatnya sulit untuk dicerna. Sehingga dapat menimbulkan peradangan pada sistem pencernaan. Selain itu peradangan juga melepaskan hormon dalam tubuh yang menyebabkan kenaikan berat badan.

 (Baca Juga: Semasa Hidupnya, Stephen Hawking Peduli Terhadap Isu Kesehatan)

2. Pemanis buatan

Orang yang menjalani program diet lebih sering memilih makanan dan minuman dengan pemanis buatan dibandingkan dengan gula alami. Namun faktanya pemanis buatan juga dapat membahayakan kesehatan dan menyebabkan kenaikan berat serta peradangan.

3. Roti putih

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui roti putih berbahaya untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan roti putih memiliki kandungan pati yang lebih tinggi dibandingkan roti coklat. Karena kandungan tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti peningkatan berat badan dan radang tubuh.

4. Minyak sayur

Minyak ini biasaya paling banyak digunakan oleh ibu-ibu untuk memasak makanan di rumah. Namun penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari minyak sayur dapat meningkatkan peradangan karena adanya asam lemak tidak sehat. Dan dapat menjadi salah satu faktor naiknya berat badan.

  (Baca Juga: Suka Mengonsumsi Seledri di Malam Hari, Dapatkan 6 Manfaat Sehatnya)

5. Makanan cepat saji

Pizza, burger, kentang goreng dan sebagainya merupakan makanan cepat saji. Makanan ini dapat menyebabkan peradangan pada tubuh dan membuat bertambahnya berat badan pada tubuh.

6. Makanan yang di panggang

Jika Anda salah satu pebcinta makanan olahan yang dipanggang seperti kue dan biskuit serta sering mengonsumsinya, akan menyebabkan berat badan Anda naik. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan lemak tak jenuh yang mengakibatkan peradangan dan masalah pencernaan serta diabetes.

7. Alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman yang paling memberikan dampak peradangan pada tubuh. Apalagi jika dikonsumsi dalam waktu yang sering, maka akan menyebabkan peradangan dan kenaikan pada berat badan.

 (Baca Juga: Ini Sebabnya Wanita Selalu Mengeluh Nyeri Haid Setiap Bulan)

8. Mayones

Kebanyakan orang menambahkan mayones pada makanan seperti pizza, sandwich dan sebagainya untuk mendapatkan cita rasa makanan yang lezat. Namun tahukah Anda bahwa mayones mengandung banyak bahan pengawet dan minyak juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan tubuh dan peningkatan berat badan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini