nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perjalanan Hidup Stephen Hawking dalam Bingkai Gambar

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 13:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 15 196 1873121

Stephen Hawking, lahir di Oxford dan masuk universitas di Oxford sebelum menempuh riset tentang kosmologi di Universitas Cambridge.

Pada usia 22 tahun dia didiagnosa dengan motor neurone disease, sebuah kondisi yang menyerang otak dan saraf. Ketika akan menikah dengan istri pertamanya, Jane (berdiri di sampingnya), dokter memperkirakan hidupnya tak lama lagi namun perkawinan itu bertahan selama 26 tahun dengan tiga anak.

Dia kemudian hidup di atas kursi roda dan menggunakan alat bantu suara untuk berbicara. Ketenarannya menyebar ke seluruh dunia setelah bukunya, A Brief History of Time, yang terbit tahun 1988, terjual 10 juta eksemplar.

Tahun 1992, ahli fisika ini tampil di acara Radio BBC yang terkenal, Desert Island Discs, degan pembawa acara Sue Lawley.

Hawking menikah dengan salah seorang perawatnya, Elaine Mason, pada 1995 namun 11 tahun kemudian mereka akhirnya bercerai.

Bintang terkenal Inggris, Benedict Cumberbatch, menjadi pemeran pertama sosoknya untuk film di TV BBC berjudul Hawking tahun 2004.

Di dalam pesawat Zero G, Hawking mengalami kondisi tanpa gravitasi pada tahun 2007.

Sebagai duta besar sains global, Hawking bertemu dengan beberapa pemimpin dunia, seperti Nelson Mandela di Johannesburg tahun 2008.

Tahun 2014 dia bertemu dengan Ratu Elizabeth II dalam sebuah acara penggalangan dana sosial.

Prof Hawking meraih sejumlah penghargaan matematika dan sains, antara lain Presidential Medal of Freedom yang dianugerahkan Presiden Barack Obama tahun 2009.

Kisah hidupnya diangkat menjadi film pada tahun 2014 dengan judul The Theory of Everything dan pemeran Eddie Redmayne (dalam foto).

Tahun 2017, Hawking memberi ceramah di Hong Kong lewat hologram yang dipancarkan dari kantornya di Cambridge.

*Artikel ini dikutip dari BBC Indonesia
1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini