nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Ilmiah Dibalik Warna Merah dan Kuning Restoran Cepat Saji Berlogo M

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 15 298 1872989 alasan-ilmiah-dibalik-warna-merah-dan-kuning-restoran-cepat-saji-berlogo-m-uwY1nZ4xpC.jpg Logo McDonals (Foto: Rd)

Kelezatan menu dari restoran cepat saji berlogo M sudah terkenal mendunia. Selain itu, warna logo juga identik dengan merah dan kuning. Dibalik itu semua, ternyata ada alasan ilmiahnya!

Orang pasti mengingat, logo McDonalds warnanya merah dan kuning. Ternyata logo itu tidak menggambarkan kelezatan makanan seperti kentang goreng, cheeseburger dan ayam gorengnya. Sebab itu merupakan warna dasar yang membuat orang lebih mudah mengingatnya.

Para ahli psikologis membeberkan, warna merah dan kuning dari logo M itu dipilih karena alasan tertentu. Itu bukan karena supaya terlihat bagus dengan wajah badut Ronald McDonald, tapi ada kaitannya dengan sains.

Warna merah yang menjadi dasar logo itu fungsinya merangsang otak seseorang jadi lebih aktif. Selain itu, fungsinya dapat meningkatkan denyut jantung, yang membantu untuk memperlambat nafsu makan Anda.

Sementara warna kuning dikaitkan dengan kebahagiaan dan merupakan warna yang paling mudah dilihat di siang hari. Itulah sebabnya logo McDonalds begitu mudah dikenali dan diingat, terutama saat Anda melihat gerai restorannya di jalan yang padat.

Perlu Anda tahu, otak kita dapat memproses warna sebelum mengenal kata atau bentuk. Karena itulah, pencetus restoran yang menyajikan makanan cepat saji memilih dua warna ini untuk logo.

Ada juga yang menyebutkan bahwa warna merah dan kuning membuat Anda lapar. Kemudian, mendorong Anda ingin membeli produk yang mereka jual, sekaligus membuat Anda merasa bahagia.

Restoran ini rupanya mulai menggunakan filosofi warna tersebut untuk memengaruhi dan mengubah cara orang saat memikirkan kelezatan menunya. Jadilah, orang merasa ketagihan dan ingin selalu membeli makanan cepat saji yang ditawarkan di banyak lokasi.

Dari alasan itu, beberapa orang juga mengecam warna dari logo itu karena dikenal tidak ramah lingkungan. Tapi di beberapa negara, justru penjualan aneka menu cepat saji di restoran itu disukai banyak kalangan.

Apalagi kalau lewat restoran ini membuat Anda ketagihan dan ingin membelinya. Jika dihidangkan paket ayam goreng atau burger dan cola, Anda juga tentu tidak menolak. 

Juga, produk pertama yang dijual restoran ini dinilai sukses 'meracuni' penggemarnya. Menu itu berupa kentang gorengnya yang gurih dan renyah, cheeseburger yang mengenyangkan, juga aneka minuman kopi yang sudah ada sejak lama.

Ditambah lagi, paket Happy Meal yang dikhususkan untuk anak-anak. Ada juga ayam nugget yang rasanya tak kalah lezat dari ayam gorengnya.

Apalagi, di banyak negara, banyak pula inovasi rasa ayam goreng yang menggoda setiap orang. Anda pun setiap pekan tidak melewatkan untuk menyantap paket menu yang dijual di restoran itu. Demikian dilansir Readersdigest, Kamis (15/3/2018).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini