nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keindahan Pantai Panjang di Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara yang Miliki Pasir Putih Sehalus Tepung

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 20:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 15 406 1873455 keindahan-pantai-panjang-di-pulau-kei-kecil-maluku-tenggara-yang-miliki-pasir-putih-sehalus-tepung-SuWQW4F2zM.JPG Pulau Kei Kecil (Foto: Tiara/Okezone)

PULAU Kei Kecil di Maluku Tenggara merupakan salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Keindahan dan keeksotisan panorama alam menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti Pantai Ngurbloat atau dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Panjang.

Sesuai dengan namanya, garis pantai ini memiliki panjang kurang lebih 3 km. Pantai ini biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan. Namun bila wisatawan berkunjung di hari biasa, suasana pantai masih terbilang sepi seakan milik sendiri. Saat bertandang ke sini, wisatawan akan merasakan betapa halusnya pasir pantai yang berwarna putih gading.

Bila diibaratkan, pasir tersebut terasa seperti tepung. Bahkan kebiasaan untuk melukis di atas pasir sulit dilakukan di pantai ini karena begitu dilukis pasir akan dengan cepat menyatu.

 

(Foto: Tiara /Okezone)

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Maluku Utara, Budhi Toffi, pasir seperti tepung itu adalah keunikan dari pantai tersebut. "Daya tarik tambahan di pantai ini dalam 400 meter ke depan sudah bisa diving karena cliffnya curam dan karangnya bagus," ujarnya saat Okezone berkunjung ke pantai tersebut, Kamis (14/3/2018).

Selain diving, aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini adalah snorkeling. Sekadar informasi, di sekeliling pantai terdapat 10 pulau kecil yang sering disebut kawasan pulau sepuluh. Pulau-pulau tersebut antara lain Nai, Ohoiew, Witir, Lik, Lei, Nuhuyan, dan Nuhuten. Di beberapa titik sekitar kawasan pulau terdapat beberapa spot terbaik untuk melihat keindahan alam bawah laut. Banyak juga wisatawan yang senang menghabiskan waktu dengan memancing atau bakar barbeque saat mengunjungi pulau-pulau tersebut.

Kegiatan lain seperti berenang atau sekadar mengambil gambar pun bisa dilakukan di pantai ini. Selain itu, masyarakat di sekitar pulau masih memegang teguh adat budaya Kei sehingga wisatawan masih bisa melihat pertunjukan tradisional seperti tarian yeri, tarian panah, tarian parang salawaku, dan penghormatan kepada leluhur. Wisatawan juga bisa mengunjungi danau air tawar dan beberapa situs sejarah yang terletak tidak begitu jauh dari pantai.

Di pantai juga terdapat cottage yang bisa disewa untuk menginap, namun pemesanan harus dilakukan minimal dua bulan sebelum kedatangan. Sedangkan untuk wisatawan yang hanya sekadar datang, di pinggiran pantai juga terdapat bungalow yang bebas untuk dinikmati. Ada pula warung yang menyiapkan penganan kecil seperti pisang goreng dan minuman hangat.

Sebagai tambahan informasi, untuk memasuki pantai yang berada di Desa Ngilngof itu wisatawan dikenakan biaya Rp 20 ribu per mobil dan Rp 5 ribu per motor. Sedangkan bagi wisatawan yang datang tanpa kendaraan pribadi tidak dikenakan biaya. Pilihan akses lain ke Pantai Pasir Panjang adalah menaiki transportasi umum dari Pasar Langgur atau menyewa rental mobil dari bandara sebesar Rp 150 ribu.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini