nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Kebiasaan Tidak Disadari Sebabkan Anda Sulit Tidur, Jangan Minum Kopi

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 12:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 15 481 1873078 7-kebiasaan-tidak-disadari-sebabkan-anda-sulit-tidur-jangan-minum-kopi-HJ3Ld6Vmch.jpg Kebiasaan yang sebabkan sulit tidur (Foto:Ist)

TIDUR adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh dan otak setelah seharian bekerja. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Namun seiring bertambahnya usia waktu tidur yang didapatkan akan sedikit. Pada orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur sekitar 7 hingga 8 jam perhari.

Sementara itu tidur yang baik akan memberikan manfaat untuk kesehatan, namun tidur yang buruk akan mempengaruhi aktivitas dan kemampuan Anda sehari-hari. Seperti melansir dari Boldsky Kamis (15/3/2018) berikut adalah hal yang dapat memengaruhi waktu tidur Anda. Termasuk kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak Anda sadari ternyata bisa menyebabkan sulit tidur.

 BACA JUGA:

Tak Semua Ibu Hamil Muda Merasakan Mual

1. Telat Makan Malam

Jika makan malam pada jam 10 hal tersebut akan mempengaruhi tidur Anda. Mungkin alasan kebanyakan orang makan pada jam tersebut karena padatnya jadwal aktivitas. Namun sebaiknya Anda harus tidak makan pada jam 10 atau setelahnya, agar tidur Anda tidak terganggu.

2. Mengonsumsi buah jeruk

Mengkonsumsi buah jeruk atau anggur di malam hari mungkin bukanlah ide yang bagus. Ini dikarenakan buah tersebut dapat menyebabkan mulas sehingga Anda tidak mendapatkan tidur yang nyenyak.

 

3. Tidur saat perut kosong

Tidur dengan perut kosong atau kekenyangan sebelum tidur dapat berdampak buruk untuk kualitas tidur. Makan berlebih ketika makan malam tidak akan memberikan Anda tidur yang nyenyak. Sebaiknya tunggulah dua atau tiga jam setelah Anda makan sebelum tidur.

 

4. Memainkan ponsel

Dengan berkembangnya teknologi membuat semua orang hanya berfokus pada ponsel. Namun hal ini tidak baik dan membahayakan kesehatan. Cahaya biru yang dikeluarkan ponsel akan mempengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang membuat Anda terjaga. Dan pada akhirnya menghalangi Anda untuk tidur.

 BACA JUGA:

Bagaimana Menentukan Olahraga yang Pas Buat Anda? Ini Tipsnya

5. Berolahraga sebelum tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga memang bermanfaat untuk tubuh dan membuat Anda lebih mudah terlelap jika dilakukan pagi hari. Namun, apabila dilakukan ketika hendak tidur, akan mengganggu tidur Anda.

 

6. Terlalu banyak gangguan

Kamar tidur merupakan tempat yang aman dan nyaman. Namun jika masih menonton televisi atau memainkan game di komputer akan mengalihkan aktivitas otak yang membuat Anda lebih terfokus menonton dibandingkan tidur. Jadi jika kurangi hal tersebut agar Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

7. Konsumsi kopi

Seseorang yang mengkonsumsi kopi ketika hendak tidur dapat mempengaruhi waktu tidur. Kandungan kafein yang ada pada kopi memberikan rangsangan pada kita agar tetap terjaga sepanjang malam. Jadi, dari pada Anda mengonsumsi kopi lebih baik konsumsi secangkir coklat hangat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini