nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Haus dan Bau Mulut Tanda Awal Menderita Diabetes?

Widya Marchellin, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 12:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 15 481 1873090 sering-haus-dan-bau-mulut-tanda-awal-menderita-diabetes-pzeT40a0zD.jpg Ilustrasi (Foto: Stylecraze)

DIABETES tidak lagi menjadi penyakit yang di derita orang dewasa tapi telah menyerang semua usia. Faktanya, sekarang anak – anak tidak lagi terkena diabetes tipe 1 tapi telah terserang penyakit diabetes tipe 2.

Sayangnya, ada sejumlah tanda – tanda seseorang menderita diabetes yang sering tidak terdiagnosa. Berikut penjelasannya dilansir dari laman Boldsky, Kamis (15/3/2018):

Sering buang air kecil dimalam hari

Bila darah membawa sejumlah besar gula di dalamnya, maka tubuh akan segera menyaring melalui ginjal. Untuk melarutkan gula tersebut dibutuhkan banyak air. Itu sebabnya pada tahap awal diabetes seseorang mengeluh sering minum dan buang air kecil di malam hari yang tidak pernah dihadapi sebelumnya.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah masalah utama yang di hadapi penderita diabetes karena tubuh terus mengeluarkan banyak air untuk menyingkirkan gula dalam darah. Jadi jika Anda haus sepanjang waktu tanpa alasan dan disertai buang air kecil berlebihan, maka perlu diketahui bahwa Anda menderita diabetes.

Baca juga: 7 Bahan Alami Solusi Atasi Gigi Kuning, Senyum Kembali Berkilau!

Bau mulut

Ketika tubuh tidak dapat memanfaatkan gula dalam darah untuk memberikan pada kebutuhan energi, itu akan menghancurkan lemak untuk melakukannya. Proses ini disebut ketosis yang menyebabkan bau mulut karena keton dapat dengan mudah bocor ke paru – paru. Selain itu dehidrasi juga menyebabkan mulut kering.

Tidak pernah merasa kenyang

Gula yang terdapat dalam darah bila tidak di manfaatkan, otak akan memberikan isyarat bahwa sumber energi sangat diperlukan.

Mengalami gangguan penglihatan

Masalah ini biasa di hadapi wanita yang menderita diabetes yang belum didiagnosa. Ini terjadi saat cairan memasuki lensa yang menyebabkan rabun dekat. Untuk memperbaiki kondisi ini usahakan gula darah normal.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit ALS yang Diderita Stephen Hawking

Mengalami gangguan saraf

Neuropati atau gangguan saraf adalah gejala umum diabetes tipe 2 dimana suplai darah ke ekstremitas berkurang karena perubahan struktural yang terjadi pada pembuluh darah.

Memiliki luka yang tidak kunjung sembuh pada kaki

Salah satu tanda terbesar yang alami adalah memiliki luka pada kaki yang tidak kunjung sembuh. Hal ini terjadi karena berkurangnya suplai darah ke ekstremitas bawah sehingga oksigen bergerak keluar yang menyebabkan retensi cairan atau bisul.

Penderita diabetes yang tidak terdiagnosa sering memiliki kadar gula sangat tinggi dalam darah, luka luar cenderung terinfeksi microba yang mengkonsumsi gula.

Berat badan turun

Diabetes mencegah tubuh untuk memanfaatkan gula dalam darah untuk mendapatkan energi sehingga tubuh memecahkan lemak dan otot yang tersimpan.

Jadi jika Anda kehilangan sampai 10% berat badan dalam rentang 6 bulan tanpa berolahraga atau mengikuti diet dan Anda memiliki beberapa gejala di atas, mungkin Anda menderita diabetes.

Sering merasa lelah

Penderita diabetes sering merasa lelah karena tubuh tidak mampu memanfaatkan glukosa dalam darah untuk mendapatkan energi.

Leher dan ketiak bewarna gelap

Jika ketiak dan leher Anda tiba – tiba bewarna lebih gelap dari pada bagian tubuh lainnya maka mungkin menderita diabetes karena ini adalah tanda awal resistensi insulin.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini