nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Stephen Hawking, Ini Musisi hingga Olahragawan Dunia yang Mengidap ALS

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 15:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 15 481 1873207 seperti-stephen-hawking-ini-musisi-hingga-olahragawan-dunia-yang-mengidap-als-hiAiUH0k9h.jpg Stephen Hawking meninggal dunia (Foto:Theaverage)

FISIKAWAN Stephen Hawking sebelum tutup usia terdeteksi penyakit ALS atau Amyotrophic Lateral Clerosis atau yang juga dikenal motor neurone. Selain dia, banyak tokoh terkenal di dunia menderita penyakit gangguan saraf itu.

Rata-rata tokoh yang menderita penyakit tersebut tetap bisa beraktivitas. Bahkan, profesinya juga beragam, mulai dari musisi besar hingga olahragawan.

Siapa sajakah mereka yang menderita penyakit kelainan saraf menahun yang membuat kondisinya lemah? Simak ulasannya berikut, dilansir Disabledworld, Kamis (15/3/2018).

BACA JUGA:

Kutipan Stephen Hawking yang Paling Diingat Dunia, Salah-Satunya Tentang Kematian

Augie Nieto

 

Olahragawan Augie Nieto meninggal dunia akibat penyakit ALS. Putrinya, Lindsay Nieto sangat sedih saat kehilangan ayah itu, karena tergolong orang yang hebat dan gigih. Augie menderita penyakit ini sekira 10 tahun lamanya, yang membuatnya harus duduk di kursi roda. Putrinya yang paling membantu di saat kondisi ayahnya menurun. Banyak autobiografi yang menceritakan kondisi Augie, bikin semua orang terenyuh. Beberapa sahabatnya membuat dokumenter untuk dirinya dan keluarga.

Charles Mingus

 

Pianis jazz ternama Charles Mingus namanya tenar di era 1950-an. Pria yang lahir 22 April 1922 itu punya banyak karya lagu, yang dikenal oleh pencinta musik jazz lawas. Namanya tenar lewat lagu Moanin dan Goodbye, Pork Pie Hat. Sebelum tutup usia, musisi dari Amerika Serikat itu terdeteksi penyakit ALS. Lalu, dia dikabarkan meninggal dunia pada 5 Januari 1979, yang menjadi kabar duka bagi keluarga dan penggemarnya.

Dan Toler

 

Solo Gitaris Dan Toler juga hidup dengan ALS dalam kurun waktu yang lama. Dia meninggal dunia di usia 65 tahun karena hidup dengan masalah neurologis menahun itu. Karirnya di bidang musik sangat bagus. Beberapa kali mendapatkan penghargaan internasional dari banyak penyelenggara. Dan Toler juga salah satu musisi kawakan sejak era 1970-an. Meski menderita ALS gaya panggung saat bermain gitar tetap maksimal.

BACA JUGA:

Kenali Gejala Penyakit ALS yang Diderita Stephen Hawking

Mike Porcaro

 

Pemain bass handal dari California, Amerika Serikat, Mike Porcaro juga terdeteksi ALS. Musisi yang aktif sejak era 1970-an ini juga menarik perhatian penggemarnya. Meski sakit menahun, dia berusaha menjaga tubuhnya dan bisa beraktivitas normal. Tapi Tuhan berkata lain, pria ini meninggal dunia di usia 59 tahun.

 

Stanley Sadie

 

Kritikus musik ternama di dunia Stanley Sadie juga telah tiada. Semasa hidupnya dia menderita ALS. Namanya di jagat musik sangatlah dikenal. Sampai tiada pun, namanya masih dikenang. Pria yang lahir pada 30 Oktober 1930 itu banyak menyisakan kabar gembira bagi pencinta musik. Lalu, dia tutup usia pada 21 Maret 2005 karena penyakit gangguan saraf itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini