nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekolah Dasar Terapkan Bawa Bekal Bergizi Seimbang agar Anak Lebih Sehat

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 17:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 15 481 1873311 sekolah-dasar-terapkan-bawa-bekal-bergizi-seimbang-agar-anak-lebih-sehat-dg8vPNrNyp.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

SAAT ini anak-anak sudah mulai beraktivitas pukul 06.30 untuk bersekolah. Hal tersebut artinya anak-anak membutuhkan asupan gizi seimbang dalam makanannya agar bisa beraktivitas dengan maksimal.

Untuk menjaga gizi seimbang anak-anak seusia sekolah dasar, beberapa sekolah di Jakarta telah menerapkan pada muridnya agar membawa bekal makanan sehat. Dua dari banyak sekolah tersebut telah menerapkan program bekal sehat sejak Oktober 2017 lalu, di antaranya SDN 03 Pondok Labu, Jakarta Selatan dan SDN 016 Pekayon, Jakarta Timur.

 (Baca Juga: Benarkah Hidangan Pizza Dapat Meningkatkan Produktivitas Bekerja?)

“Anak-anak diwajibkan untuk membawa bekal makanan sehat dan bergizi seimbang setiap Kamis. Seluruh murid dari kelas satu sampai enam kami wajibkan untuk membawa bekal dan makan bersama,” ucap Sartika Situmorang, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah SDN 016 Pekayon, Jakarta Timur, dalam pemaparannya di acara makan siang bersama Frisian Flag, Media dan Penerima Manfaat Progam Training of Trainers (TOT) Gerakan Nusantara 2017, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Tidak hanya dianjurkan untuk membawa bekal dan menyantapnya bersama, para guru setiap kelas juga diarahkan untuk memeriksa bekal yang dibawa setiap anak murid. Sebelumnya, guru memerintahkan menu yang harus dibawa oleh setiap anak, ada daftar yang nantinya disesuaikan oleh bekal yang murid bawa.

“Guru akan memeriksa menu bekal yang siswa bawa. Setiap siswa harus membawa bekal sesuai dengan daftar yang diarahkan, misalnya Indi membawa nasi, ceklis nasi, buahnya apa, sayurnya apa, lauknya apa, dan minumnya apa juga harus sesuai dengan daftar yang diarahkan,” imbuh Sartika.

Bagi anak yang tidak membawa bekal sesuai dengan daftar yang diarahkan oleh guru, orangtua akan ditegur oleh pihak sekolah. Jika tiga kali berturut-turut orangtua akan dipanggil sekolah.

  (Baca Juga: Pembuat Roti Ini Didenda Karena Bekerja Terlalu Keras, Kok Bisa?)

“Selain mengajarkan dan menyadarkan anak-anak juga orangtua akan pentingnya gizi, bekal sehat mengandung gizi yang seimbang ini juga mengajarkan pada anak untuk berbagi dan mempererat persahabatannya,” lanjutnya.

Sedangkan, SDN 03 Pondok Labu menerapkan membawa bekal sehat pada murid-muridnya setiap hari. Mereka pun menyantapnya bersama-sama saat istirahat berlangsung.

“Kami juga membiasakan pada anak-anak untuk menjaga kebersihan baik di rumah ataupun di sekolah, dan dimulai dari diri sendiri dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan, karena telah disiapkan juga wastafel di setiap kelasnya,” ucap Boriyem, S. Pd, Kepala Sekolah SDN 03 Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Manfaat dari membawa bekal sehat ke sekolah juga membuat murid menjadi lebih bisa memilih jajanan yang sehat. Pihak sekolah juga mewajibkan murid untuk membawa wadah untuk jajan di kantin yang juga menjual makanan sehat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini