nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapkan Makanan Bergizi, Ini Saran Ahli Gizi untuk Ibu Rumah Tangga & Pekerja

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 02:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 15 481 1873369 siapkan-makanan-bergizi-ini-saran-ahli-gizi-untuk-ibu-rumah-tangga-pekerja-q3Xfkrdmj0.jpg Makanan bergizi untuk anak dan keluarga (Foto:Foodworldnews)

WANITA yang bermukim di kota-kota besar kini tidak hanya menjalani kegiatan sebagai ibu rumah tangga saja, tapi sebagian dari mereka juga menjadi seorang pekerja. Hal tersebut artinya, mengharuskan seorang wanita bisa membagi waktu antara bekerja dan mengurus keluarga.

Menyiapkan sarapan menjadi salah satu rutinitas yang harus dilakukan seorang ibu setiap pagi untuk keluarganya. Asupan gizi seimbang lewat makanan sehat menjadi penting untuk disiapkan ibu agar kesehatan keluarganya tetap terjaga dan bisa menjalani hari lebih maksimal.

 BACA JUGA:

Sekolah Dasar Terapkan Bawa Bekal Bergizi Seimbang agar Anak Lebih Sehat

“Ibu rumah tangga yang juga pekerja dituntut untuk bisa menyiapkan bekal makanan sehat dan bergizi seimbang untuk anak-anak dan suaminya. Untuk itu, setiap wanita seharusnya bisa memiliki kemampuan dan keterampilan rumah tangga,” jelas Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD, Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia  di Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2018).

Kemampuan dan keterampilan rumah tangga yang dimaksud Syafiq tersebut sebenarnya tingkatnya cukup sederhana. Ibu hanya perlu menyiapkan dan menyediakan makanan dan jajanan yang mudah dibuat, murah harganya, dan bisa disimpan, selain itu tempat penyimpanannya juga perlu dijaga kebersihannya.

“Namun, sebenarnya kalau untuk makanan, bukanlah hanya masalah ibu rumah tangga saja, setiap anggota keluarga seharusnya sudah tahu dan bisa memutuskan makanan yang hendak dimakan, mulai dari menu hingga banyaknya,” tambah Syafiq.

Untuk menu makanan anak-anak, Syafiq menyarankan pada ibu rumah tangga agar menghidangkan makanan yang menarik tampilannya, mulai dari warna hingga rasanya. Variasi menu makanan juga penting untuk ibu perhatikan agar anak-anak tidak mudah bosan.

 BACA JUGA:

Seperti Stephen Hawking, Ini Musisi hingga Olahragawan Dunia yang Mengidap ALS

“Anak-anak menyukai makanan yang tampilannya menarik, warnanya beragam dan natural, bervariasi menunya, dan teksturnya pun tidak terlalu lembek atau terlalu keras,” lanjutnya.

Syafiq juga menjelaskan, ibu rumah tangga juga wajib mengupayakan komponen gizi yang beragam dalam makanan yang dihidangkan. Tidak boleh hanya ada karbohidrat atau kandungan zat lainnya yang sejenis, tapi harus beragam, ada karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

“Upayakan menghidangkan makanan yang mengandung komponen gizi yang beragam, seperti karbohidrat, protein, sayur-mayur, divariasikan dan dikombinasikan, serta tidak berlebihan, karena segala hal yang berlebihan itu tidak baik,” tangkas Syafiq.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini