Food Photographer Expert Fellexandro Ruby Bocorkan Trik Fotografi Flatlay yang Bikin Tampilan Medsos Kece!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 16 298 1873586 food-photographer-expert-fellexandro-ruby-bocorkan-trik-fotografi-flatlay-yang-bikin-tampilan-medsos-kece-40bajmk4dQ.png Foto Makanan (Foto: Instagram/Captainruby)

HAYO jujur, banyak dari Anda yang sebelum makan di restoran kekinian pasti menjepret makanannya dulu. Iseng, biar teman di sosial media tahu Anda sedang makan apa.

Tapi, apakah Anda pernah memikirkan bagaimana cara mendapatkan foto yang kece? Ingat, sekadar menjepret saja tidak akan membuat teman-teman dunia maya Anda tertarik untuk mencari tahu lebih tentang makanan yang Anda posting. Padahal itu tujuan Anda kan? Hehe

Nah, trik fotografi satu ini mungkin bisa Anda terapkan di makan siang hari ini. Adalah Flatlay fotografi. Hasil dari gaya foto satu ini adalah foto terlihat dari atas dengan sudut kemiringan 90 derajat, dan memberi kesan nyata untuk makanan dan suasana Anda di waktu yang bersamaan.

Dijelaskan Food Photografer Expert Fellexandro Ruby, cara foto flatlay sampai sekarang masih banyak dilakukan pengguna media sosial. Sekalipun terkesan lama, tapi cara mengambil foto ini akan tetap menjadi favorit banyak orang.

"Apalagi pengguna Instagram sekarang semakin banyak dan beberapa dari mereka juga sudah ada yang sangat memerhatikan masalah tampilan Instagramnya," terang Ruby saat ditemui di acara Peluncuran W'Dank Coffee Coconut Latte, di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Pemilik akun Instagram @chaptainruby ini coba menjelaskan bagaimana akhirnya trik Flatlay bisa terlihat menawan saat Anda posting di media sosial. Trik ini menurut Ruby ampuh untuk menaikan jumlah likes Anda, lho!

1. Pastikan banyak barang yang difoto

Salah satu kekuatan gaya foto Flatlay adalah dengan menampilkan banyak barang dalam satu frame foto. Ingat, foto Flatlay itu bisa bercerita sekalipun Anda mengandalkan foto saja. Jadi, usahakan untuk menampilkan sebanyak mungkin barang dalam satu frame. Misalnya, makanan itu sendiri, barang yang selalu Anda kenakan, dan fashion yang sedang Anda kenakan.

2. Lighthing

Ini komponen yang penting untuk diperhatikan juga. Sebab, dengan cahaya selaami mungkin maka hasil jepretan Anda pun akan semakin baik. Kalau pun ingin mendapatkan foto yang semakin pro, pastikan cahaya matahari yang masuk ke ruangan Anda makan itu berada di sisi utara. "Ini agar pencahayaan foto Anda lebih maksimal dan memberi kesan drama yang pas," paparnya.

3. Komposisi foto

Jika Anda lebih pro, pastinya memerhatikan masalah grid atau garis dalam foto. Patsikan titik objek Anda berada di 3 bagian yang ada dalam satu frame foto. "Kalau menurut saya, istilahnya itu garis cinta. Pastikan objek utama yang Anda foto ada di titik 3 bagian tersebut," sambungnya.

4. Foto sebanyak mungkin

Karena Anda mengambil gambar di sebuah restoran atau cafe, maka tidak mungkin rasanya Anda sampai naik ke atas kursi untuk bisa memotret makanan tepat di atasnya. Yang bisa Anda lakukan adalah memotret makanan itu sebanyak mungkin dan pastikan benar-benar lurus di atas makanannya. Jangan karena Anda ingin mendapatkan foto yang kece, Anda merusak momen orang lain di sekitar Anda!

5. Cahaya

Selain memerhatikan cahaya alami dari pancaran matahari, yang mesti diperhatikan lainnya adalah pastikan objek yang Anda foto mendapatkan pencahayaan kiri dan kanan juga. Ini penting untuk kejernihan hasil foto Anda. Kalau bisa usahakan untuk memgambil gambar dekat dengan jendela, ya. Oh iya, jika di cafe itu ada lampu yang menyala dan berada di atas objek foto Anda, kalau bisa pindah lokasi saja. "Karena akan merusak warna dari foto Anda," tambah Ruby.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini