nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Restoran Ini Hanya Terima Reservasi Lewat Postcard Bertulis Tangan

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 11:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 16 298 1873643 unik-restoran-ini-hanya-terima-reservasi-lewat-postcard-bertulis-tangan-fVazl0w2wE.jpg Restoran terima pesanan hanya lewat postcard (Foto:Dailymeal)

SUKA tidak suka, mau tidak mau memang tidak bisa disangkal bahwa kita sekarang hidup di era digital yang di mana sebetulnya kemajuan teknologi ini dibuat dengan tujuan memudahkan kehidupan, segala aktivitas manusia pada umumnya.

Namun di satu sisi, digitalisasi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, selain salah satu fungsinya ialah mendekatkan yang jauh, akan tetapi terkadang malah juga bisa menjauhkan yang dekat.

 BACA JUGA:

Egg Beer & Egg Cone, Varian Minuman Berbahan Kuning Telur Khas Hanoi, Vietnam

Salah satu kemajuan teknologi sekarang yang paling bisa dirasa nyata adalah soal komunikasi, yang juga banyak diterapkan dalam dunia kuliner. Contoh misalnya sekarang siapapun bisa melakukan reservasi tempat di restoran atau tempat makan yang mau didatangi hanya dengan cara menelfon atau langsung mendaftarkan diri melalui sistem online.

Akan tetapi, pilihan digital ini sepertinya bukan menjadi pilihan sebuah restoran yang berlokasi di Freedom, Maine, Amerika Serikat yang bernama The Lost Kitchen. Sebab, alih-alih menggunakan sistem digital untuk peneriman reservasi alias pemesanan oleh konsumen, seperti diwarta Foxnews, Jumat (16/3/2018) The Lost Kitchen disebutkan hanya menerima reservasi tempat dengan cara konvesional dan intim, melalui postcard yang ditulis dengan tangan alias handwritten postcards.

Keputusan di atas kurang lebih berangkat dari kewalahan yang dirasakan oleh restoran The Lost Kitchen setiap tahunnya, tepatnya di antara bulan Mei dan Desember. Di mana menurut laporan Food & Wine, koki Erin French menerima kurang lebih 10.000 telefon untuk reservasi tempat di restoran yang hanya menyediakan sekira 40 buah tempat duduk ini. Hingga akhirnya, tahun 2018 ini restoran memutuskan untuk tidak lagi menerima reservasi melalui telefon dan sistem reservasi online, yang disebutkan membuatkan pihak restoran dan juga konsumen merasa stress karenanya.

Kemudian setelah berbulan-bulan memikirkan cara reservasi apa yang harus diterapkan di The Lost Kitchen, restoran memutuskan bahwa The Lost Kitchen akan menggunakan sistem reservasi lewat postcard, yang dirasa akan lebih terasa sebagai cara komunikasi yang lebih humanis.

 BACA JUGA:

Food Photographer Expert Fellexandro Ruby Bocorkan Trik Fotografi Flatlay yang Bikin Tampilan Medsos Kece!

“Kami lebih menyenangi kontak sesama manusia dibandingkan dengan komputer, dan pulpen serta kertas ketimbang mesin keyboard komputer. Menjaga sesuatu yang kecil dan intim adalah salah satu bagian yang menjadikan The Lost Kitchen menjadi sesuatu yang magic, dan itu adalah sesuatu yang tidak mau kami buat menyimpang,” tulis The Lost Kitchen dalam situs resminya.

Untuk sistem reservasi melalui postcard ini, The Lost Kitchen telah merilis peraturan melalui situs resminya. Yakni konsumen yang ingin melakukan reservasi tempat harus mengirimkan postcard berukuran 3x5 yang bertuliskan nama, keterangan alamat surat-menyurat, alamat email, dan nomor telefon di amplop postcard lalu dikirimkan ke pihak restoran dalam periode tanggal 1 hingga 10 April. Untuk momen paskah atau Easter, The Lost Kitchen menyebutkan mereka akan menerima postcard yang dikirim pada 31 Maret. Kemudian, seperti keterangan dari 2018 Reservation Process, dikatakan proses ini dilanjutkan dengan pemilihan postcard secara acak yang dimulai pada 11 April, hingga proses reservasi benar-benar telah selesai.

Well, cara old-school yang konvesional ini sepertinya malah menjadi hits di media sosial. Di mana akun lamam Facebook The Lost Kitchen dipenuhi oleh komentar bernada positif yang menilai bahwa cara yang diterapkan oleh restoran tersebut adalah cara yang sangat manis, hingga memuji bahwa ide soal postcard ini adalah ide yang sangat bagus.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini