nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Aktivitas yang Bikin Anda Susah Terlelap dan Tidur Nyenyak

Widya Marchellin, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 16 481 1873814 7-aktivitas-yang-bikin-anda-susah-terlelap-dan-tidur-nyenyak-QHqqL4NWBH.jpg Ilustrasi (Foto: Homebt)

TIDUR adalah waktunya untuk tubuh beristirahat dari aktivitas yang dilakukan seharian. Tapi sebagian orang tidak dapat tidur nyenyak di malam hari dikarenakan beberapa masalah atau kesalahan yang membuat tidur Anda tidak nyenyak.

Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan siang hari berdampak pada tidur di malam hari? Menurut para ahli berikut hal – hal yang membuat tidur tidak nyenyak di malam hari seperti dilansir dari laman Homebt:

Menghabiskan waktu terlalu banyak dengan smartphone

Studi menunjukkan mereka yang menggunakan smartphone dan tablet terlalu banyak memiliki kualitas tidur yang buruk. Menurut Cassandra Barns,

"Penting untuk mencoba menghindari penggunaan smartphone Anda sebelum tidur karena sinar biru yang diberikan perangkat dapat mengganggu produksi melatonin alami yaitu hormon yang membuat Anda merasa mengantuk."

Untuk itu hindarilah penggunaan ponsel sebelum tidur.

Rasa cemas yang berlebihan

Kecemasan dapat menyebabkan Anda tidak dapat tidur nyenyak bahkan tidak tidur semalaman. Menurut Shona Wilkinson, banyak yang akan mengatakan bahwa mereka mencoba untuk tidur tapi terganggu oleh kekhawatiran, yang menghalangi orang merasa santai dan tertidur.

Makan tidak teratur

Tidak mendapatkan cukup makanan dan kebiasaan makan yang tidak teratur dapat menimbulkan masalah pada tubuh Anda, menyebabkan lonjakan kortisol yaitu hormon stres yang memicu pelepasan glukosa ke dalam aliran darah untuk meningkatkan energi.

Minum kopi di sore hari

Perlu diketahui Jika Anda minum kopi di sore akan mempengaruhi tidur Anda di malam hari karena kafein dalam kopi dapat membuat Anda tidak mengantuk.

Tidak cukup berolahraga

Studi menunjukkan mereka yang sering berolahraga akan tidur lebih nyenyak di malam hari dibantingkan yang tidak berolahraga. Dengan aktivitas fisik akan meningkatkan produksi endorphin yang memicu perasaan positif dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit dan membantu Anda untuk rileks.

Memiliki rutinitas tidur yang tidak menentu

Rutinitas tidur tidak teratur akan mempenngaruhi tidur dimalam hari. Cobalah untuk tidur dengan waktu yang sama setiap hari dan bangun juga pada waktu yang sama. Hal ini akan membuat tidur anda lebih nyenyak.

Minum alkohol

Alkohol tentu akan sangat mempengaruhi tidur Anda . tidak hanya itu alkohol juga mempengaruhi tingkat gula darah yang menyebabkan adrenalin dan kortisol dilepaskan dan juga menghambat pengangkutan triptofan ke otak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini